Peningkatan hasil belajar matematika materi keliling persegi dan persegi panjang melalui media papan berpaku kelas III SDN 2 Gedangan Kabupaten Tulungagung / Trio Arista
Main Author: | Arista, Trio |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6246/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAristaTrio2016PeningkatkanHasilBelajarMatematikaMateriKelilingPersegidanPersegipanjangMelaluiMediaPapanBerpakuKelasIIISDN2GedanganKabupatenTulungagungSkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Drs.SunyotoS.Pd.M.Si(2)Dra.TriMurtiS.Pd.M.Pd.KatakunciMatematikahasilbelajarmediapapanberpakuHasilobservasiyangdilakukanpenelitidikelasIIISDN2GedanganKabupatenTulungagungpadaprosespembelajaranmatematikamenunjukangurumasihbanyakmenggunakanmetodeceramahterpusatkepadagurudantidakmenggunakanalatperaga.Sedangkandarihasilwawancaradengansiswapermasalahanyangditemukanadalahsiswakesulitanmemahamikonsepmateriyangdiajarkandanpembelajaranmembosankan.Haliniberdampakpadahasilbelajarsiswadimana14dari25siswabelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimal.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenggunaanmediapapanberpakudalampembelajaranmatematikadan(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadapembelajaranmatematikamelaluipenggunaanmediapapanberpaku.Penelitianiniadalahjenispeneltiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.Penelitianinidilakukan2siklusdengan2pertemuansetiapsiklus.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubjekpenelitanadalahsiswakelasIIISDN2GedanganKabupatenTungagung.Teknikpengumpulandatadilakukandengancaraobservasiwawancaratesdokumentasidancatatanlapangan.Analisisdatadilakukanlangkahberupareduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukanbahwadenganmenggunakanmediapapanberpakupersentaseaktivitasgurumeningkatdari95%dengankriteriasangatbaikpadasiklusImenjadi100%dengankriteriabaikpadasiklusII.Aktivitassiswaberupaaspekpsikomotordanafektifjugameningkat.Diketahuibahwahasilobservasiaktifitassiswapadasiklus1persentase78%dengankriteriabaikdanmeningkatmenjadi100%dengankriteriasangatbaikpadasiklus2.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatandarirata-rata59kriteriakurangdanketuntasankelas44%kriteriakurangsekalipadapratindakanmenjadirata-rata79kriteriabaikdanketuntasankelas60%kriteriacukuppadasiklusIdanmeningkatlagipadasiklus2menjadirata-rata92kriteriasangatbaikdanpersentaseketuntasan88%kriteriasangatbaik.Kesimpulanbahwapenggunaanmediapapanberpakudapatmeningkatkanaktivitasguruaktivitassiswadanhasilbelajarsiswa.Untukitudisarankankepadaguruuntukmenggunakanmediapapanberpakudalampembelajaranmatematikamaterikelilingpersegidanpersegipanjangagaraktivitasdanhasilbelajarsiswabisalebihmaksimal.