Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi SMA / Stefania Mariana Mbiri
Main Author: | Mbiri, Stefania Mariana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62444/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMbiriMarianaStefania.2018.PengaruhModelPembelajaranProjectBasedLearningterhadapMotivasidanHasilBelajarsiswaMataPelajaranGeografidiSMANegeri02KabupatenEnde.Tesis.ProgramStudiPendidikanGeografi.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SugengUtayaM.S.M.Si.Pembimbing(II)Dr.DwiyonoHariUtomoM.PdM.SiKataKunciModelPembelajaranProjectBasedLearninghasilbelajarmotivasiBelajarHasilBelajarmatapelajaranGeografiSMAyangberadadikabupatenEndesangatrendahdikarenakansiswakurangmemahamimateripembelajarangeografi.HasilbelajaryangrendahdipengaruhiolehbeberapaFaktoryaitumisalnyafaktorInterndanFaktorekstern.Faktor-faktortersebutsangatmempengaruhihasilbelajaryangsiswaalamidiSekolah.TujuanpenelitianiniadalahUntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProjectBasedLearningterhadaphasilbelajarsiswaMataPelajaranGeografikelasXIdiSMANegeri2KabupatenEndeUntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProjectBasedLearningterhadapmotivasibelajarsiswaMataPelajaranGeografikelasXIdiSMANegeri2KabupatenEnde.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankuantitatifdenganpendekataneksperimen.Desaineksperimendalampenelitianinimenggunakanquasiexperimentaldesign(desaineksperimensemu).PopulasiyangdigunakandalampenelitianadalahseluruhsiswakelasXIIPSSMANegeri2diKabupatenEndesemestergenaptahunajaran2017/2018.HasilanalisispenelitianAdapengaruhmodelpembelajaranprojectbasedlearningterhadaphasilbelajarsiswakarenapembelajaranproyekbersifatkontektualyangmeningkatkanpemahamansiswaAdapengaruhmodelpembelajaranprojectbasedlearningterhadapmotivasisiswakarenapembelajaransecaraberkelompokyangmeningkatkansemangatrasasenangkemauansiswadalamkegiatanproyek.SaranBagigurupenggunaanModelPjBLsangatpentinguntukmeningkatkanmotivasisiswadalampembelajarangeografiBagiSekolahpenggunaanmodelPjBLbukanhanyadariaspekkognitiftetapiadaaspekyanglainnyadanPjBLbukansajauntukmaterigeografitetapimatapelajaranyanglainnya.Bagipenelitiselanjutnyainstrumenpenelitianlebihmendalamdandikembangkanlagisehinggakemampuanmengukurnyalebihbaik.Karenapadadasarnyaadafaktor-faktorlainyangmempengaruhimotivasidanhasilbelajarselainangketdansoal.