Pengaruh model pembelajaran time token berbasis outdoor study terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Geografi di SMA / Achmad Faisol Choliq

Main Author: Choliq, Achmad Faisol
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/62441/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKCholiqAchmadFaisol.2018.PengaruhModelPembelajaranTimeTokenberbasisOutdoorStudyTerhadapKeaktifanBerlajardanKemampuanBerfikirKreatifPesertaDidikPadaMataPelajaranGeografidiSMA.TesisJurusanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IKomangAstinaM.SPh.D.(II)SyamsulBachriS.Si.M.Sc.Ph.D.KataKunciTimeTokenOutdoorStudyKeaktifanBerfikirKreatifPendidikanadalahusahayangdengansengajadirancanguntukmencapaitujuanyangtelahditetapkan.Pembelajaranmerupakanprosesinteraksiyangterjadiantarapesertadidikdenganguruagarpesertadidikmendapatpengalamanbelajardarikegiatantersebut.TimeTokenberbasisOutdoorStudyadalahsalahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanolehguruagarpembelajaranlebihefektifdanefisien.TimeTokenberbasisOutdoorStudymempunyaiprosesyangdapatmeningkatkankeaktifandanberfikirkreatifpesertadidikuntukmempunyaisemangatsepanjangprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTimeTokenberbasisOutdoorStudyterhadapkeaktifanbelajardankemampuanberfikirkreatifpesertadidikpadamatapelajarangeografidikelasXISMANegeri1Krembung.Penelitianinitermasukjeniseksperimensemu(QuasiEksperiment)dengansubjekpenelitianadalahpesertadidikkelasXIyaitukelasXIIPS3sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS4sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupalembarobservasiuntukmengetahuikeaktifanpesertadidikdansoaltesyaitupra-tesdanpasca-tesuntukmemperolehdatakemampuanberfikirkreatifpesertadidik.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahujiTTestyangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.0forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhmodelpembelajaranTimeTokenberbasisOutdoorStudyterhadapkeaktifanbelajarpesertadidik.Peningkatankeaktifanpesertadidikdikarenakanadanyasintakdalammodelyangmenuntutuntukaktifberdiskusibersaingdanmengajakkeluarlapangansehinggaadaperasaanmenikmatiprosespembelajaran.HasilpenelitianmenunjukkanadapengaruhmodelpembelajaranTimeTokenberbasisOutdoorStudyterhadapkemampuanberfikirkreatifpesertadidik.PeningkatankemampuanberfikirkreatifpesertadidikdikarenakandiberikannyamaterikegiatanLKSdanpembahasanpermasalahanyangsesuaidengankondisirealdisekitarmereka.PadasaatinginmelakukanModelpembelajaranTimeTookenberbasisOutdoorStudyguruperlumemperhatikanpengaturanwaktudanpengkondisianpesertadidik.Pesertadidikdiajakkeluarlapangandanpastinyamembutuhkanwaktudanpengkondisionalanyangbaikagarpesertadidikbenar-benarmengerjakannyaLKSyangdisediakandenganserius.Selanjutnyadiperlukanketegasansaatdiadakannyatanyajawabper-denahapabilatidakmakapesertadidikakanmengulurwaktudengansendiridanakansulituntukdikondisikanberpindahketitikselanjutnya