Pengaruh model project based learning dan gaya berpikir terhadap kemampuan memecahkan masalah mahasiswa geografi / Alif Reza Nurhadi
Main Author: | Nurhadi, Alif Reza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62436/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKNurhadiAlifReza.2018.PengaruhModelProjectBasedLearningdanGayaBerpikirterhadapKemampuanMemecahkanMasalahMahasiswaGeografi.Tesis.MagisterPendidikanGeografiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si(2)Dr.BudiHandoyoM.Si.KataKunciProjectbasedlearninggayaberpikirkemampuanmemecahkanmasalahKemampuanmemecahkanmasalahadalahbagiandariketerampilanberpikirtingkattinggi(highorderthingking).Geografidalamperkuliahanmempelajaripermasalahanyangbersifatkomplekssehinggamahasiswadiharapkandapatmempunyaikemampuanmemecahkanmasalah.PenelitimenggunakanmodelProjectbasedlearningdangayaberpikiruntukmelihatseberapabesarpengaruhvariabeltersebutterhadapkemampuanmemecahkanmasalah.Indikatorkemampuanmemecahkanmasalahberkaitandengankemampuanmengidentifikasimerumuskandanmenganalisimenyimpulkanmenjabarkanalternatifsolusimemilihalternatifsolusiterbaikmemonitoringindikatorkeberhasilandantindaklanjutdarisolusi.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui(1)perbedaankemampuanmemecahkanmasalahantaramahasiswayangdiajardenganmodelprojectbasedlearningdanmahasiswayangdiajardenganmodelkonvensional(2)perbedaankemampuanmemecahkanmasalahantaramahasiswayangmemilikigayaberpikirdivergendanmahasiswayangmemilikigayaberpikirkonvergen(3)interaksiantaramodelprojectbasedlearningdangayaberpikirterhadapkemampuanmemecahkanmasalah.Jenispenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu(quasieksperiment)dengandesain2x2faktorial.SubjekpenelitianadalahmahasiswageografiUniversitasNegeriMalangofferingGdanH.Penentuankelasdalampenelitiandidasarkanpadanilairata-ratahasilbelajarpadamatakuliahpengantargeografi.Halinidikarenakandasaruntukdapatmenganalisispermasalahandenganpendekatangeografiadapadamatakuliahpengantargeografi.Teknikpengumpulandataberupadokumentasiobservasiteskemampuanmemecahkanmasalahangketgayaberpikirdivergendankonvergen.Hasilpenelitiandianalisisdenganmenggunakanujitwowayanovadenganprasyaratujinormalitasdanujihomogenitas.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)adaperbedaankemampuanmemecahkanmasalahantaramahasiswayangbelajardenganmodelprojectbasedlearningdenganmahasiswayangbelajardenganmodelkonvensionaldengannilaisignifikansi00110050(2)tidakadaperbedaankemampuanpemecahanmasalahantaramahasiswayangmempunyaigayaberpikirdivergendenganmahasiswayangmemilikigayaberpikirkonvergendengannilaisignifikansi03940050karenagayaberpikirdivergendankonvergensalingmendukungdalamiikemampuanmemecahkanmasalah(3)tidakadainteraksiantaramodelprojectbasedlearningdangayaberpikirterhadapkemampuanmemecahkanmasalahmahasiswageografidengannilaisignifikansi04760050karenahanyamodelPjBLsajayangberpengaruhterhadapkemampuanmemecahkanmasalah.SarandaripenelitianinimodelPjBLdapatdigunakansebagaivariasimodeldalamperkuliahandenganmemperhatikanalokasiwaktudikarenakanmodelinimemilkilangkah-langkahyangmembutuhkanwaktucukuplama.Penelitiselanjutnyadapatmemperbaharuiinstrumenangketgayaberpikiragargayaberpikirmahasiswabenar-benardapatterukurdenganbaik.Variabellaindiluarvariabelpenelitiansebaiknyaperludiperhatikanagardapatdiminimalisiruntuktidakmempengaruhivariabelpenelitian.