Pengaruh model project based learning dan gaya berpikir terhadap kemampuan memecahkan masalah mahasiswa geografi / Alif Reza Nurhadi

Main Author: Nurhadi, Alif Reza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/62436/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKNurhadiAlifReza.2018.PengaruhModelProjectBasedLearningdanGayaBerpikirterhadapKemampuanMemecahkanMasalahMahasiswaGeografi.Tesis.MagisterPendidikanGeografiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si(2)Dr.BudiHandoyoM.Si.KataKunciProjectbasedlearninggayaberpikirkemampuanmemecahkanmasalahKemampuanmemecahkanmasalahadalahbagiandariketerampilanberpikirtingkattinggi(highorderthingking).Geografidalamperkuliahanmempelajaripermasalahanyangbersifatkomplekssehinggamahasiswadiharapkandapatmempunyaikemampuanmemecahkanmasalah.PenelitimenggunakanmodelProjectbasedlearningdangayaberpikiruntukmelihatseberapabesarpengaruhvariabeltersebutterhadapkemampuanmemecahkanmasalah.Indikatorkemampuanmemecahkanmasalahberkaitandengankemampuanmengidentifikasimerumuskandanmenganalisimenyimpulkanmenjabarkanalternatifsolusimemilihalternatifsolusiterbaikmemonitoringindikatorkeberhasilandantindaklanjutdarisolusi.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui(1)perbedaankemampuanmemecahkanmasalahantaramahasiswayangdiajardenganmodelprojectbasedlearningdanmahasiswayangdiajardenganmodelkonvensional(2)perbedaankemampuanmemecahkanmasalahantaramahasiswayangmemilikigayaberpikirdivergendanmahasiswayangmemilikigayaberpikirkonvergen(3)interaksiantaramodelprojectbasedlearningdangayaberpikirterhadapkemampuanmemecahkanmasalah.Jenispenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu(quasieksperiment)dengandesain2x2faktorial.SubjekpenelitianadalahmahasiswageografiUniversitasNegeriMalangofferingGdanH.Penentuankelasdalampenelitiandidasarkanpadanilairata-ratahasilbelajarpadamatakuliahpengantargeografi.Halinidikarenakandasaruntukdapatmenganalisispermasalahandenganpendekatangeografiadapadamatakuliahpengantargeografi.Teknikpengumpulandataberupadokumentasiobservasiteskemampuanmemecahkanmasalahangketgayaberpikirdivergendankonvergen.Hasilpenelitiandianalisisdenganmenggunakanujitwowayanovadenganprasyaratujinormalitasdanujihomogenitas.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)adaperbedaankemampuanmemecahkanmasalahantaramahasiswayangbelajardenganmodelprojectbasedlearningdenganmahasiswayangbelajardenganmodelkonvensionaldengannilaisignifikansi00110050(2)tidakadaperbedaankemampuanpemecahanmasalahantaramahasiswayangmempunyaigayaberpikirdivergendenganmahasiswayangmemilikigayaberpikirkonvergendengannilaisignifikansi03940050karenagayaberpikirdivergendankonvergensalingmendukungdalamiikemampuanmemecahkanmasalah(3)tidakadainteraksiantaramodelprojectbasedlearningdangayaberpikirterhadapkemampuanmemecahkanmasalahmahasiswageografidengannilaisignifikansi04760050karenahanyamodelPjBLsajayangberpengaruhterhadapkemampuanmemecahkanmasalah.SarandaripenelitianinimodelPjBLdapatdigunakansebagaivariasimodeldalamperkuliahandenganmemperhatikanalokasiwaktudikarenakanmodelinimemilkilangkah-langkahyangmembutuhkanwaktucukuplama.Penelitiselanjutnyadapatmemperbaharuiinstrumenangketgayaberpikiragargayaberpikirmahasiswabenar-benardapatterukurdenganbaik.Variabellaindiluarvariabelpenelitiansebaiknyaperludiperhatikanagardapatdiminimalisiruntuktidakmempengaruhivariabelpenelitian.