Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Geografi dan Hasil Belajar Geografi / Ariyandi Ajuwan
Main Author: | Ajuwan, Ariyandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62432/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAjuwanAriyandi.2018.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningTerhadapKeterampilanGeografidanHasilBelajarGeografi.Tesis.ProgramStudiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si(II)Drs.IKomangAstinaM.SPh.D.KataKunciProblembasedlearningketerampilangeografihasilbelajargeografiKeterampilangeografimerupakanbagianpentingdalampembelajarangeografi.Halinidapatdilihatbahwaindikasidariketerampilangeografisiswadapatmengembangkanpengetahuanpola-polakeruanganyangberkaitandenganmemperolehdanmengkomunikasikaninformasispasial.Pencapaianpembelajaransiswatidakhanyadilihatkualitasdalamberketampilantetapiperludilihatpencapaianhasilbelajarnya.Prosespembelajaransekaranginigurudituntutuntukmenentukanmodelpembelajaranyangaktifefektifkreatifdanmenyenangkan.Berdasarkantuntutantersebutguruharuskreatifmemilihpendekatanataumodelpembelajaranyangsesuaidenganmateripembelajaran.Salahsatuinovasiyangdapatmenjawabtuntutantersebutadalahmenggunakanmodelpembelajaranproblembasedlearning.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhpembelajaranyangmenggunakanmodelproblembasedlearningterhadapketerampilangeografisiswa(2)pengaruhpembelajaranyangmenggunakanmodelproblembasedlearningterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.Metodeyangdigunakanadalahkuasieksperimendenganpendekatankuantitatif.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIPSSMANegeri1Batusemesterganjiltahunajaran2016/2017.Teknikpengumpulandatamenggunakantesketerampilangeografidanhasilbelajargeografipadamateripengetahuandasarpemetaan.TeknikanalisisyangdigunakanadalahIndependentSamplest-TestdenganbantuanprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Terdapatpengaruhsignifikanpembelajaranyangmenggunakanmodelproblembasedlearningterhadapketerampilangeografisiswa.(2)TerdapatpengaruhsignifikanpembelajaranyangmenggunakanmodelproblembasedlearningterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXIPSdiSMANegeri1Batu.Pencapaianketerampilangeografidanhasilbelajargeografisiswayangmenggunakanmodelproblembasedlearningdalamkegiatanpembelajaranlebihtinggidibandingkandengansiswayangmendapatkanperlakuanpembelajarandenganmodelkonvensional.