Pengaruh project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA pada mata pelajaran geografi / Sularmi
Main Author: | Sularmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62420/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSularmi2017.PengaruhProjectBasedLearningTerhadapKemampuanBerpikirKritisPesertaDidikSMAPadaMataPelajaranGeografi.Tesis.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DwiyonoHariUtomoM.PdM.Si.(II)Dr.INyomanRujaS.U.KataKunciPengaruhProjectBasedLearningBerpikirKritisMataPelajaranGeografiPenelitianiniadalahtermasukpenelitiankuantitatifyangdirancangmenggunakanpenelitianeksperimen(quasiexperimentwithonlyposttestdesign)denganduakelompoksubyekpenelitianyangmemilikikemampuansama(homogen).SampeldalampenelitianiniadalahkelasXIIPS1denganjumlah27orangsebagaikelaseksperimendanXIIPS2denganjumlah27orangsebagaikelaskontrol.Datayangdiambilmeliputiprosesdanhasilteskemampuanberpikirkritispesertadidiksetelahdiberiperlakuan.Analisadatadalampenelitianinimenggunakanstatistikdeskriftifdanstatistikinferensialparametrik.HasilanalisispenelitianmenunjukkanbahwaModelprojectbasedlearningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritisgeografipesertadidik.Datanilaiposttestdiperolehrata-ratakelasekperimensebesar79.7denganstandardeviasisebesar5.78setelahdiberikanpembelajarandenganmenggunakanmodelprojectbasedlearning.Rata-ratahasilposttestpadakelaskontrolsebesar74.5denganstandardeviasisebesar7.58.Darirata-ratanilaiposttestterlihatbahwakemampuanberpikirkritiskelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Analisisuji-tdiperolehthitungsebesar2.824padatarafsignifikansi0.05makaHaditerimadanHoditolak.HasiltersebutmenunjukkanbahwapembelajarandenganModelprojectbasedlearninglebihbaikdibandingkandenganpembelajarankonvensional.BerdasarkanhasilpenelitiananalisisdatadanpembahasandapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmenggunakanModelprojectbasedlearningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritispesertadidikpadamatapelajarangeografimateripotensidanpengelolaansumberdayakelautanIndonesiadikelasXIIPSSMAN1PulauLautTimurKotabaruSemesterGanjilTahun2017/2018.Bertolakdarihasilpenelitianinipenelitimerekomendasikanpenggunaanmodelpembelajaranprojectbasedlearningpadamatapelajarangeografikarenadapatmeningkatkankemampuanberpikirkritiskemampuanberkomunikasikemampuanberkolaborasidankreativitaspesertadidik.Penelitijugamemberikansarankepadapenelitilainyangakanmenggunakanmodelprojectbasedlearningagarmemilihtopikdanmateriyangdapatdiproyekkandalamwaktuyangtidaklamaguruharuslebihseringmemberikanbimbingankepadapesertadidikdalamhalmenejemenwaktupelaksanaanproyekdanguruperlumelakukanmonitoringyangintensif.