Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IS.1 SMA Negeri 8 Barabai tahun pelajaran 2017/2018 / Hayuna Hamdalia
Main Author: | Hamdalia, Hayuna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62416/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHamdaliaHayuna.2017.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisPesertaDidikKelasXIIIS.1SMANegeri8BarabaiTahunPelajaran2017/2018.Tesis.ProgramStudiPendidikanGeografi.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.BudijantoM.Sos(II)Dr.DwiyonoHariUtomoM.PdM.SiKataKunciProblemBasedLearning(PBL)kemampuanberpikirkritisBerdasarkanindikatorkemampuanberpikirkritispadapelaksanaanprasiklusdikelasXIIS.1SMANegeri8Barabaiditemukanfaktabahwasebagianbesarpesertadidikmemilikikemampuanberpikirkritisrendah.Pengalamanpenelitimengajarselama8tahundisekolahtersebutdalamaktivitasprosespembelajaranketikapesertadidikdiberikankesempatanuntukberdiskusidanmenanyakanpenjelasanyangkurangdipahamipesertadidikcenderungdiamdanhanyaduaatautigaorangpesertadidikyangmendominasikeaktifandalamprosespembelajaran.Perbaikancaramengajarharusdisadariolehgurudankemudianpekadalammemilihmodelapayangtepatsehinggakemampuanberpikirkritispesertadidikdapatditumbuhkandalammenghadapitantanganeraglobalisasi.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankemampuanberpikirkritispesertadidikkelasXIIS.1denganmenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)diSMANegeri8Barabai.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianiniadalahpesertadidikkelasXIIS.1SMANegeri8Barabaitahunpelajaran2017/2018yangberjumlah28orang.DatayangdikumpulkandalampenelitianiniadalahdatahasilvalidasiperangkatpembelajarandaninstrumentpenelitianhasilkerjapesertadidikpadaLKPDhasilobservasiketerlaksanaanpembelajaranolehgurudanpesertadidikdanhasilresponpesertadidikterhadappelaksanaanpembelajarandenganmenerapkanmodelProblemBasedLearning(PBL).PenelitianyangdilakukanmenunjukkanbahwapadasiklusIdiperolehhasilketerlaksanaanpembelajaranolehgurumencapai7929%dengankriteriabaiksedangkanketerlaksanaanpembelajaranolehpesertadidikmencapai7364%dengankriteriacukupsehinggamasihbelumsesuaidenganyangdiharapkan.Hasiltespadaakhirsiklusberkaitandengankemampuanberpikirkritispesertadidikyangmendapatkannilai880470masihbelummencapaikriteriayangdiinginkanyaiitusebesar6571%sehinggadilakukanperbaikanpadasiklusII.SetelahmelakukanperbaikanpadasiklusIIterjadipeningkatanyaituketerlaksanaanpembelajaranolehgurumeningkatmenjadi8857%dengankriteriabaikdanketerlaksanaanpembelajaranolehpesertadidikmeningkatmenjadi8773%dengankriteriasangatbaik.Hasilteskemampuanberpikirkritissiklus2jugameningkatyaitusebesar7661%halinimenunjukkanmeningkatnyakemampuanberpikirkritispesertadidikmenggunakanpembelajaranProblemBasedLearning(PBL).PembelajaranPBLmemungkinkanpesertadidikterlibatlangsungdalampembelajaranmemberimerekakesempatanuntukmengeksplorasiinformasimenerapkanpengetahuandalamkonteksbarudanmampumenyelesaikanpermasalahandengankemampuanberpikirkritis.