Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa SMA / Kristina Kasi
Main Author: | Kasi, Kristina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62411/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKasiKristina.2017.PengaruhModelPembelajaranServiceLearningTerhadapKemampuanBerpikirKritisdanSikapPeduliLingkunganPadaSiswaSMA.Tesis.JurusanPendidikanGeografiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiMPd(2)Drs.IKomangAstinaM.SPh.DKataKunciModelServiceLearningKemampuanberpikirkritisSikapPeduliLingkunganKemampuanberpikirsiswamerupakansalahsatukomponenyangsangatpentinguntukdimilikiagardapatmemecahkanpersoalan-persoalanyangdihadapidalamduniayangsenantiasaberubah.PembelajarandenganmodelServiceLearningmerupakansalahsatualternatifmodelpembelajaranyangberupayameningkatkankemampuanberpikirkritissiswaagarterusterlatihdenganbaik.PenelitianinidilakukandiSMAN1EndedengantujuanuntukmengetahuipengaruhModelPembelajaranServiceLearningTerhadapKemampuanBerpikirKritisdanSikapPeduliLingkunganpadaSiswaSMA.PemilihanmodelServiceLearningdidasarkanpadakarakteristikdarimodelnyasendiriyanglebihmenitikberatkanperansentralsiswaselamakegiatanpembelajaranberlangsung.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)Pretest-PosttestControlGroupDesign.KelaseksperimenialahkelasXI-IPS7dankelaskontrolkelasXI-IPS2.InstrumenpenelitianiniberupatesEssayuntukmengukurkemampuanberpikirkritisdanAngketuntukmengukursikappedulilingkungan.DatayangdianalisisdalampenelitianiniadalahGainscoreyangmerupakanselisihnilaipostestdanpretestdarikeduakelas.AnalisisdatadilakukandenganmembandingkangainscoredarikeduakelasmenggunakanbantuanprogramSPSS16.0ForWindows.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa1)modelpembelajaranServiceLearningberpengaruhterhadapkemapuanberpikirkritishalinidibuktikandenganhasilujihipotesisdannilairata-ratakelaseksperimenyanglebihtinggidarikelaskontrol.2)modelpembelajaranServiceLearningberpengaruhterhadapsikappedulilingkunganhalinidibuktikandenganhasilujihipotesisdannilairata-ratayangdiperolehkelaseksperimenlebihtinggidibandingkandengankelaskontrol.SarandaripenelitianiniantaralaintenagapendidikgeografisebaiknyauntukmengaplikasikanmodelpembelajaranServiceLearningdalampembelajaransehinggadapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissecarasignifikan.GurudisarankandalammelaksanakanpembelajaranmodelServiceLearninglebihkreatifdalammemiilihmasalahyangkontekstualagardapatmembantumeningkatkanprosesberpikirsiswasertadapatmeningkatkankesadaransiswauntuktetapmenjagadanmemilikisikappeduliterhadaplingkungan.8195