Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa SMA / Kristina Kasi

Main Author: Kasi, Kristina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/62411/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKasiKristina.2017.PengaruhModelPembelajaranServiceLearningTerhadapKemampuanBerpikirKritisdanSikapPeduliLingkunganPadaSiswaSMA.Tesis.JurusanPendidikanGeografiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiMPd(2)Drs.IKomangAstinaM.SPh.DKataKunciModelServiceLearningKemampuanberpikirkritisSikapPeduliLingkunganKemampuanberpikirsiswamerupakansalahsatukomponenyangsangatpentinguntukdimilikiagardapatmemecahkanpersoalan-persoalanyangdihadapidalamduniayangsenantiasaberubah.PembelajarandenganmodelServiceLearningmerupakansalahsatualternatifmodelpembelajaranyangberupayameningkatkankemampuanberpikirkritissiswaagarterusterlatihdenganbaik.PenelitianinidilakukandiSMAN1EndedengantujuanuntukmengetahuipengaruhModelPembelajaranServiceLearningTerhadapKemampuanBerpikirKritisdanSikapPeduliLingkunganpadaSiswaSMA.PemilihanmodelServiceLearningdidasarkanpadakarakteristikdarimodelnyasendiriyanglebihmenitikberatkanperansentralsiswaselamakegiatanpembelajaranberlangsung.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)Pretest-PosttestControlGroupDesign.KelaseksperimenialahkelasXI-IPS7dankelaskontrolkelasXI-IPS2.InstrumenpenelitianiniberupatesEssayuntukmengukurkemampuanberpikirkritisdanAngketuntukmengukursikappedulilingkungan.DatayangdianalisisdalampenelitianiniadalahGainscoreyangmerupakanselisihnilaipostestdanpretestdarikeduakelas.AnalisisdatadilakukandenganmembandingkangainscoredarikeduakelasmenggunakanbantuanprogramSPSS16.0ForWindows.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa1)modelpembelajaranServiceLearningberpengaruhterhadapkemapuanberpikirkritishalinidibuktikandenganhasilujihipotesisdannilairata-ratakelaseksperimenyanglebihtinggidarikelaskontrol.2)modelpembelajaranServiceLearningberpengaruhterhadapsikappedulilingkunganhalinidibuktikandenganhasilujihipotesisdannilairata-ratayangdiperolehkelaseksperimenlebihtinggidibandingkandengankelaskontrol.SarandaripenelitianiniantaralaintenagapendidikgeografisebaiknyauntukmengaplikasikanmodelpembelajaranServiceLearningdalampembelajaransehinggadapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissecarasignifikan.GurudisarankandalammelaksanakanpembelajaranmodelServiceLearninglebihkreatifdalammemiilihmasalahyangkontekstualagardapatmembantumeningkatkanprosesberpikirsiswasertadapatmeningkatkankesadaransiswauntuktetapmenjagadanmemilikisikappeduliterhadaplingkungan.8195