Pengaruh Project Based Learning (PJBL) dalam kajian kota hijau (green cities) terhadap keterampilan metakognitif dan ketrampilan sosial mahasiswa geografi / Noviani Nurkolis
Main Author: | Nurkolis, Noviani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62400/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurkolisNoviani.2017.PengaruhProjectBasedLearningDalamKajianKotaHijau(GreenCities)terhadapKeterampilanMetakognitifdanKeterampilanSosialMahasiswaGeografi.TesisJurusanPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Drs.IKomangAstinaM.SPh.DKataKunciProjectBasedLearningKotaHijauKeterampilanMetakognitifKeterampilanSosial.Projectbasedlearningdalamkajiankotahijaumerupakanmodelpembelajarankooperatifdenganmenggunakanlingkungansekitaryaitukotahijauuntukmelakukaninvestigasisebagailangkahawaluntukmenghasilkanproyek.Modelinimenggunakanpendekatankontruktivismeyaitupembelajaranyangterpusatpadapebelajar(studentcentered).Kegiatanpembelajaranyangdilakukanmampumenjadikanpesertadidiklebihmandiripekaterhadappermasalahansekitardanmampuuntukmemecahkandanmemberikansolusiataspermasalahan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhprojectbasedlearningdalamkajiankotahijau(GreenCities)terhadapketerampilanmetakognitifdanketerampilansosialmahasiswageografi.Jenispenelitianyangdilakukanmerupakaneksperimensemu(quasiexperiment)denganPretest-PosttestControlGroupDesign.Penelitiandilakukanpadamahasiswaprodigeografiangkatan2015UniversitasNegeriMalang.Subyekpenelitianterdiridariduakelasyaitueksperimendankontrolyangdipilihberdasarkannilaihasilstudypadamatakuliahsebelumnya.KelaseksperimenyaitumahasiswageografiofferingHdankelaskontroladalahofferingG.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhyangsignifikanprojectbasedleaerningdalamkajiankotahijau(GreenCities)terhadapketerampilanmetakognitifdanketerampilansosialmahasiswa.Pengaruhterhadapketerampilanmetakognitifterlihatdarianalisisgainscoremelaluiindependentsamplet-testpadaSPSS16.0forWindowsdipelorehnilaisignifikansi0010.Nilaisignifikansitersebut005makaHoditolaksehinggaterdapatpengaruh.Pengaruhprojectbasedlearningdalamkajiankotahijauterhadapketerampilansosialjugadibuktikandarihasilanalisisgainscoremelaluiindependentsamplet-testpadaSPSS16.0forWindowsdiperolehnilaisignifikansi0000.Hasiltersebutmenunjukkannilaisignifikansi