Pengaruh Project Based Learning (PJBL) dalam kajian kota hijau (green cities) terhadap keterampilan metakognitif dan ketrampilan sosial mahasiswa geografi / Noviani Nurkolis

Main Author: Nurkolis, Noviani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/62400/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurkolisNoviani.2017.PengaruhProjectBasedLearningDalamKajianKotaHijau(GreenCities)terhadapKeterampilanMetakognitifdanKeterampilanSosialMahasiswaGeografi.TesisJurusanPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Drs.IKomangAstinaM.SPh.DKataKunciProjectBasedLearningKotaHijauKeterampilanMetakognitifKeterampilanSosial.Projectbasedlearningdalamkajiankotahijaumerupakanmodelpembelajarankooperatifdenganmenggunakanlingkungansekitaryaitukotahijauuntukmelakukaninvestigasisebagailangkahawaluntukmenghasilkanproyek.Modelinimenggunakanpendekatankontruktivismeyaitupembelajaranyangterpusatpadapebelajar(studentcentered).Kegiatanpembelajaranyangdilakukanmampumenjadikanpesertadidiklebihmandiripekaterhadappermasalahansekitardanmampuuntukmemecahkandanmemberikansolusiataspermasalahan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhprojectbasedlearningdalamkajiankotahijau(GreenCities)terhadapketerampilanmetakognitifdanketerampilansosialmahasiswageografi.Jenispenelitianyangdilakukanmerupakaneksperimensemu(quasiexperiment)denganPretest-PosttestControlGroupDesign.Penelitiandilakukanpadamahasiswaprodigeografiangkatan2015UniversitasNegeriMalang.Subyekpenelitianterdiridariduakelasyaitueksperimendankontrolyangdipilihberdasarkannilaihasilstudypadamatakuliahsebelumnya.KelaseksperimenyaitumahasiswageografiofferingHdankelaskontroladalahofferingG.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhyangsignifikanprojectbasedleaerningdalamkajiankotahijau(GreenCities)terhadapketerampilanmetakognitifdanketerampilansosialmahasiswa.Pengaruhterhadapketerampilanmetakognitifterlihatdarianalisisgainscoremelaluiindependentsamplet-testpadaSPSS16.0forWindowsdipelorehnilaisignifikansi0010.Nilaisignifikansitersebut005makaHoditolaksehinggaterdapatpengaruh.Pengaruhprojectbasedlearningdalamkajiankotahijauterhadapketerampilansosialjugadibuktikandarihasilanalisisgainscoremelaluiindependentsamplet-testpadaSPSS16.0forWindowsdiperolehnilaisignifikansi0000.Hasiltersebutmenunjukkannilaisignifikansi