Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Yusnia Nurrohmi
Main Author: | Nurrohmi, Yusnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62387/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurrohmiYusnia.2017.PengaruhModelPembelajaranDiscoverylearningterhadapMotivasiBelajardanKemampuanBerpikirKritisMahasiswa.Tesis.ProgramStudiS2PendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si.(2)Dr.DwiyonoHariUtomoM.Pd.M.Si.KataKuncimodelDiscoverylearningberpikirkritismotivasibelajarPemikirankritismemilikibanyakmanfaatbagimahasiswa.Feldman(2010)menyatakanbahwamanfaatberpikirkritisbagimahasiswaadalahdapatmeningkatkankecerdasanmembantumenyelesaikantugasdanmenelitisolusilainuntuksuatumasalah.Matakuliahmeteorologidanklimatologisebagaisalahsatumatakuliahyangmemerlukankemampuanberpikirkritisuntukmenyelesaikanmasalah.Komponenlainyangpentingdimilikiolehmahasiswadalammenunjangkegiatanbelajarnyayaitumotivasibelajar.SalahsatuindikatormotivasibelajaryangkurangmaksimaldimilikimahasiswamenurutUno(2011)yaituadanyalingkunganbelajaryangkondusifsehinggamemungkinkanpesertadidikdapatbelajardenganbaik.Halinidikarenakankelasyangdigunakanuntukkegiatanpembelajaranmeteorologidanklimatologidigunakanpulasebagailaboratoriumtanah.Modelpembelajarandiscoverylearningperluditerapkanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanmotivasibelajarmahasiswa.Tujuanpenelitianiniantaralainuntukmengetahui(1)pengaruhmodelpembelajaranDiscoverylearningterhadapkemampuanberpikirkritismahasiswadan(2)pengaruhmodelpembelajaranDiscoverylearningterhadapmotivasibelajarmahasiswa.PenelitianinimenggunakanmetodeeksperimensemuyangdilakukandimahasiswaOfferingGdanOfferingHangkatan2016/2017JurusanIlmuGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Subjekpenelitianadalahmahasiswayangmenempuhmatakuliahmeteorologidanklimatologiberjumlah72mahasiswa.Teknikpengumpulandatamenggunakandokumentasiobservasiangketmotivasibelajardansoaltesesaiberpikirkritis.Analisisdatamenggunakanujinormalitashomogenitasdanujit.Hasilpenelitianiniantaralain(1)modelpembelajaranDiscoverylearningberpengaruhsignifikanterhadapkemampuanberpikirkritismahasiswaartinyabahwagainscorekemampuanberpikirkritismahasiswapadakelaseksperimendenganmenggunakanmodelpembelajaranDiscoverylearninglebihtinggidibandingkanpadakelaskontroldenganmenggunakanmetodekonvensionaldan(2)modelpembelajaranDiscoverylearningtidakberpengaruhsignifikanterhadapmotivasibelajarmahasiswaartinyabahwatidakterdapatperbedaanyangsignifikanrata-ratajumlahmotivasibelajarmahasiswapadakelaseksperimendankontrol.Sarandaripenelitianiniantaralain(1)modelPembelajaranDiscoverylearningperludigunakansaatperkuliahanmeteorologidanklimatologikhususnyapadaindikatormenganalisisdanmengevaluasiyangmenuntutkemampuanberpikirkritismahasiswadan(2)pemberianstimulasiberupapenayanganvideopembelajaranyangmenarikdiperlukanketikamenggunakanModelpembelajaranDiscoverylearningdalamrangkameningkatkanmotivasibelajarmahasiswa.