Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Yusnia Nurrohmi

Main Author: Nurrohmi, Yusnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/62387/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurrohmiYusnia.2017.PengaruhModelPembelajaranDiscoverylearningterhadapMotivasiBelajardanKemampuanBerpikirKritisMahasiswa.Tesis.ProgramStudiS2PendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si.(2)Dr.DwiyonoHariUtomoM.Pd.M.Si.KataKuncimodelDiscoverylearningberpikirkritismotivasibelajarPemikirankritismemilikibanyakmanfaatbagimahasiswa.Feldman(2010)menyatakanbahwamanfaatberpikirkritisbagimahasiswaadalahdapatmeningkatkankecerdasanmembantumenyelesaikantugasdanmenelitisolusilainuntuksuatumasalah.Matakuliahmeteorologidanklimatologisebagaisalahsatumatakuliahyangmemerlukankemampuanberpikirkritisuntukmenyelesaikanmasalah.Komponenlainyangpentingdimilikiolehmahasiswadalammenunjangkegiatanbelajarnyayaitumotivasibelajar.SalahsatuindikatormotivasibelajaryangkurangmaksimaldimilikimahasiswamenurutUno(2011)yaituadanyalingkunganbelajaryangkondusifsehinggamemungkinkanpesertadidikdapatbelajardenganbaik.Halinidikarenakankelasyangdigunakanuntukkegiatanpembelajaranmeteorologidanklimatologidigunakanpulasebagailaboratoriumtanah.Modelpembelajarandiscoverylearningperluditerapkanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanmotivasibelajarmahasiswa.Tujuanpenelitianiniantaralainuntukmengetahui(1)pengaruhmodelpembelajaranDiscoverylearningterhadapkemampuanberpikirkritismahasiswadan(2)pengaruhmodelpembelajaranDiscoverylearningterhadapmotivasibelajarmahasiswa.PenelitianinimenggunakanmetodeeksperimensemuyangdilakukandimahasiswaOfferingGdanOfferingHangkatan2016/2017JurusanIlmuGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Subjekpenelitianadalahmahasiswayangmenempuhmatakuliahmeteorologidanklimatologiberjumlah72mahasiswa.Teknikpengumpulandatamenggunakandokumentasiobservasiangketmotivasibelajardansoaltesesaiberpikirkritis.Analisisdatamenggunakanujinormalitashomogenitasdanujit.Hasilpenelitianiniantaralain(1)modelpembelajaranDiscoverylearningberpengaruhsignifikanterhadapkemampuanberpikirkritismahasiswaartinyabahwagainscorekemampuanberpikirkritismahasiswapadakelaseksperimendenganmenggunakanmodelpembelajaranDiscoverylearninglebihtinggidibandingkanpadakelaskontroldenganmenggunakanmetodekonvensionaldan(2)modelpembelajaranDiscoverylearningtidakberpengaruhsignifikanterhadapmotivasibelajarmahasiswaartinyabahwatidakterdapatperbedaanyangsignifikanrata-ratajumlahmotivasibelajarmahasiswapadakelaseksperimendankontrol.Sarandaripenelitianiniantaralain(1)modelPembelajaranDiscoverylearningperludigunakansaatperkuliahanmeteorologidanklimatologikhususnyapadaindikatormenganalisisdanmengevaluasiyangmenuntutkemampuanberpikirkritismahasiswadan(2)pemberianstimulasiberupapenayanganvideopembelajaranyangmenarikdiperlukanketikamenggunakanModelpembelajaranDiscoverylearningdalamrangkameningkatkanmotivasibelajarmahasiswa.