Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap proses dan hasil belajar geografi siswa SMA / Bandarusin

Main Author: Bandarusin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/62383/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBandarusin.2016.PengaruhModelPembelajaranKooperatifTipeTwoStayTwoStrayTerhadapProsesdanHasilBelajarGeografiSiswaSMA.TesisProdiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si(2)Prof.Dr.BudijantoM.Sos.KatakunciModelPembelajaranKooperatifTipeTwoStayTwoStrayProsesdanHasilBelajar.Berdasarkanobservasiyangdilakukanditemukanbahwadalamsuasanabelajarkelompoksiswakurangaktifkarenadominasisiswayangpintar.Haltersebutmenyebabkananggotakelompokyanglainyamenjadipasif.Untukmengatasimasalahkurangaktifnyasiswadalambelajarguruperlumenerapkanmodelpembelajaran.SalahsatumodelyangdapatmembangkitkankeaktifanbelajarsiswaadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray.TimbulnyakeaktifanbelajarpadapembelajaranTwoStayTwoStraykarenamasing-masinganggotamemilikiperanyangharusdijalanisebagaibentuktanggungjawabnyaterhadapkelompok.Perantersebutberupapenyampaianidesebagaitamudansebagaipenerimatamu.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTwoStayTwoStrayterhadapprosesdanhasilbelajargeografisiswaSMA.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasieksperimen)denganPretest-PosttestControlGroupDesign.PenelitiandilakukandiSMANegeri4PrayaKabupatenLombokTengahdengansubjekpenelitiansiswakelasXIIPStahunajaran2015/2016.Penentuansubjekpenelitianberdasarkannilairata-rataUASsiswayanghampirsamapadapelajarangeografi.Kelaseksperimendankelaskontrolditentukansecaraacak.HasilnyaadalahkelasXIIPS3sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS4sebagaikelaskontrol.Hasildaripenelitianiniadalah(1)adapengaruhmodelpembelajarankooperatiftipeTwoStayTwoStrayterhadapprosesbelajargeografisiswaSMA.PembelajaranTwoStayTwoStraymengakibatkansiswaaktifdalammengikutipembelajaran.(2)AdapengaruhmodelpembelajarankooperatiftipeTwoStayTwoStrayterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.PembelajaranTwoStayTwoStraymampumeningkatkanpemahamansiswaterhadapmaterisehinggamemudahkansiswadalammengerjakansoalyangdiberikan.Saranyangbisadisampaikandalampenelitianiniadalah(1)bagigurudalammembelajarkansiswasupayaberjalandenganbaikseyogyanyagurugeografidalammenyampaikanmateriyangmembutuhkankeaktifansiswagurumenerapkanpembelajaranTSTS.Melaluimodeliniprosesbelajardanhasilbelajarlebihbaik.(2)BagipenelitiselanjutnyauntukmengujipengaruhpembelajaranTSTSpadalokasijenjangpendidikandanmaterilain.Menambahvariabellainsepertimotivasikeaktifankemampuanpemecahanmasalahdanlain-lain.