Pengaruh model experiential learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMA pada pembelajaran geografi / Mar'atus Sholihah
Main Author: | Sholihah, Mar'atus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62378/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSholihahMaratus.2016.PengaruhModelExperientialLearningTerhadapKemampuanBerfikirKritisSiswaSMApadaPembelajaranGeografi.Tesis.PendidikanGeografi.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1).Prof.Dr.SugengUtayaM.Si(2)Dr.SinggihSusiloMSM.SiKataKuncimodelpembelajaranExperientialLearningkemampuanberpikirkritis.ModelPembelajaranExperientialLearningmerupakansalahsatudarisekianbanyakmodelpembelajaranyangsecarakhususmenanganikemampuanberpikirkritissiswaSMA.ModelpembelajaranExperientialLearningdalampenelitiandigunakanuntukmembelajarkansiswaSMAdalamberpikirkritisyangdikembangkanolehTeoriKolbmelaluiempatlangkahmodel.ManfaatdariberfikirkritisbagisiswaSMAyaknimempunyaikepekaanterhadappermasalahan-permasalahanlingkungandisekitaragardapatmemberikansolusiataspermasalahyangterjadi.PenelitianbertujuanmengetahuipengaruhmodelpembelajaranExperientialLearningterhadapkemampuanberpikirkritissiswaSMApadapembelajarangeografi.PenelitiandilakukandiSMAAssaadahBungahGresiksemestergenaptahunajaran2015/2016.SubjekpenelitianyaknisiswakelasXIS1sebagaikelaseksperimendenganjumlah34siswadanXIS2sebagaikelaskontroldenganjumlah32siswa.Subjekpenelitianditentukanberdasarkankemiripankemampuanakademikyangrelatifsamadilihatdarinilairata-rataujiansemestersertapenggolongankelasketikapenerimaansiswabaru.Penelitianinidilakukanpadamatapelajarangeografidenganmateripengaruhtenagaeksogenterhadapkehidupan.Rancanganpenelitianadalaheksperimensemu(quasiexperiment)dengandesainNonEquivalentControlGroupDesign.Instrumenpengukurankemampuanberpikirkritissiswamenggunakantesessai.Hasilpengukuranberupadatayangselanjutnyadianalisismenggunakant-testdenganbantuanprogramSPSS22.0forWindows.Berdasarkananalisisdatagainscorekemampuanberpikirkritissiswakelaseksperimenlebihtinggidenganskor1972dibandingkandengankelaskontroldenganskor925.DapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranExperientialLearningberpengaruhsignifkanterhadapkemampuanberfikirkritissiswaSMApadapembelajarangeografi.Siswamampumengidentifikasidanmenganalisispermasalahanlingkungansertabagaimanacarayangtepatuntukmenyelesaikanmasalahtersebut.Saranyangdapatdiberikanpadapenelitianiniyaitugurugeografihendaknyalebihmemperhatikanmateri-materigeografikhususnyatentangtenagaeksogenmengingatpentingnyapengetahuantenagaeksogenbaikbagisiswadidalamlingkupsekolahmaupunkelaksetelahmengaplikasikandalamkehidupanbermasyarakat.PembuatandanpenyusunanRPPdenganbaikmerupakansolusidarikendalatersebutdenganpemanfaatanalokasiwaktusebaikdansemaksimalmungkin.