Pengembangan buku pedoman kuliah kerja lapangan II Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Dicky Arinta

Main Author: Arinta, Dicky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62369/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDickyArinta2016.PengembanganBukuPedomanKuliahKerjaLapanganIIJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.TesisProgramStudiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si(II)Drs.IKomangAstinaM.SPh.D.KataKunciPengembanganBukuPedomanKuliahKerjaLapanganKuliahkerjalapanganIIyangmenekankanpadapengukuranlapanganmenyebabkanperlunyaadabukupedoman.Bukupedomanyangdigunakanuntukmemudahkanpesertadidikdalammemahamimateriyangdipelajari.Materibukupedomandifokuskanpadapengukuranaspekfisikdansosialekonomi.Tujuandaripenelitianiniadalahmengembangkanbukupedomankuliahkerjalapangan.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandanpengembangan.ProsedurpengembanganinimengacupadamodelkonseptualDickCarrey.PenerapanprosedurpengembanganmodelDickCareydisederhanakandarisepuluhlangkahmenjadidelapanlangkahyaitu1)analisisbukupetunjukKKL2)identifikasikompetensiyangakandicapai3)penyusunandrafbukupedomankuliahkerjalapangan5)validasiahli6)revisidraf7)ujicobalapangandan8)revisiakhir.HasilpenelitianpengembanganBukuPedomanKuliahKerjaLapangandiperolehempatkesimpulanyakni1)Rancangandraftbukupedomankuliahkerjalapanganharusmemuatgambaranumumpenelitiantujuanpenelitianalatdanbahanprosedursertaevaluasi2)DrafbukupedomanKuliahKerjaLapanganberisipendahuluanlandasanteoridankegiatanmahasiswa3)Pengujianvaliditasbukudariahlimateridanbahasasecarakeseluruhandapatdisimpulkantermasukkualifikasiefisientapiperlurevisikarenaskorvalidasiahlimateriadalah81%sedangkanvalidasidariahlibahasaskornyaadalah74%4)HasiltanggapanmahasiswaterhadapbukupedomanKuliahKerjaLapanganmencapai77%sehinggalayakuntukdigunakan