Pengembangan buku pedoman kuliah kerja lapangan II Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Dicky Arinta
Main Author: | Arinta, Dicky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62369/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDickyArinta2016.PengembanganBukuPedomanKuliahKerjaLapanganIIJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.TesisProgramStudiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si(II)Drs.IKomangAstinaM.SPh.D.KataKunciPengembanganBukuPedomanKuliahKerjaLapanganKuliahkerjalapanganIIyangmenekankanpadapengukuranlapanganmenyebabkanperlunyaadabukupedoman.Bukupedomanyangdigunakanuntukmemudahkanpesertadidikdalammemahamimateriyangdipelajari.Materibukupedomandifokuskanpadapengukuranaspekfisikdansosialekonomi.Tujuandaripenelitianiniadalahmengembangkanbukupedomankuliahkerjalapangan.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandanpengembangan.ProsedurpengembanganinimengacupadamodelkonseptualDickCarrey.PenerapanprosedurpengembanganmodelDickCareydisederhanakandarisepuluhlangkahmenjadidelapanlangkahyaitu1)analisisbukupetunjukKKL2)identifikasikompetensiyangakandicapai3)penyusunandrafbukupedomankuliahkerjalapangan5)validasiahli6)revisidraf7)ujicobalapangandan8)revisiakhir.HasilpenelitianpengembanganBukuPedomanKuliahKerjaLapangandiperolehempatkesimpulanyakni1)Rancangandraftbukupedomankuliahkerjalapanganharusmemuatgambaranumumpenelitiantujuanpenelitianalatdanbahanprosedursertaevaluasi2)DrafbukupedomanKuliahKerjaLapanganberisipendahuluanlandasanteoridankegiatanmahasiswa3)Pengujianvaliditasbukudariahlimateridanbahasasecarakeseluruhandapatdisimpulkantermasukkualifikasiefisientapiperlurevisikarenaskorvalidasiahlimateriadalah81%sedangkanvalidasidariahlibahasaskornyaadalah74%4)HasiltanggapanmahasiswaterhadapbukupedomanKuliahKerjaLapanganmencapai77%sehinggalayakuntukdigunakan