Perbandingan model pembelajaran group investigation dengan problem based learning berbasis multiple intelligences terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi siswa SMA / Amalia Putri Wijayanti

Main Author: Wijayanti, Amalia Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62365/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWijayantiAmaliaPutri.2016.PerbandinganModelPembelajaranGroupInvestigationdenganProblemBasedLearningBerbasisMultipleIntelligencesterhadapKemampuanMemecahkanMasalahdanHasilBelajarGeografiSiswaSMA.Tesis.ProgramStudiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Dr.Ach.AmirudinM.Pd.KataKunciGroupInvestigationProblemBasedLearningKemampuanMemecahkanMasalahHasilBelajarGroupInvestigationdanProblemBasedLearningberbasisMultipleIntelligencesmerupakanmodelpembelajaranmandiridenganmengkonstruksikemampuandalamdirisiswa.Everychildisspecialartinyasetiapsiswamemilikikecerdasanmasing-masingdipengaruhipemahamankonseppengalamanhidupdandibuktikandalammenyelesaikanpermasalahandilapangan.ImplementasimodelpembelajaraniniakanmembuatsiswamengetahuipotensisesuaikecerdasandanmemudahkanmengkonstruksipemahamansiswatentangpermasalahanlingkungandiwilayahKotaBatu.PenelitianinibertujuanuntukmembandingkanmodelGroupInvestigationdenganProblemBasedLearningberbasisMultipleIntelligencesterhadapkemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajar.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitiannonequivalentgroupdesign.SubyekdalampenelitianinisiswakelasXIIPSSMANegeri1KotaBatuSemesterGenaptahunajaran2015/2016.PenilaiankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajarGeografimenggunakaninstrumensoalpretestdanposttestyangtelahdivalidasidanujireliabilitas.AnalisismenggunakantwowayanavadenganprogramSPSS16.0forWindows.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitianterdapatperbedaankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajargeografidenganmenggunakanGroupInvestigationdanProblemBasedLearningberbasisMultipleIntelligences.Rata-ratahasilbelajarGroupInvestigationlebihtinggi42dibandingkanProblemBasedLearningsedangkankemampuanmemecahkanmasalahProblemBasedLearningmemilikinilaiyanglebihtinggi4dibandingkanGroupInvestigation.DapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelGroupInvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsedangkanpenggunaanmodelProblemBasedLearningdapatmendorongsiswadalamkemampuanmemecahkanmasalah.Saranyangdiberikanbagigurusebagaiberikuta)PadapembelajaranjanganmenganggapsemuasiswamemilikikecerdasansamakarenasiswamemilikikecerdasanberanekaragamsehinggapenggunaanMultipleintelligencesdisarankanbagisemuamatapelajaranb)untukmemfasilitasipembelajaranyangmemperhatikanmultipleintelligencesyangberbasislingkungandisarankanmenggunakanmodelGroupInvestigationdanProblemBasedLearning.