Perbandingan model pembelajaran group investigation dengan problem based learning berbasis multiple intelligences terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi siswa SMA / Amalia Putri Wijayanti
Main Author: | Wijayanti, Amalia Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62365/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWijayantiAmaliaPutri.2016.PerbandinganModelPembelajaranGroupInvestigationdenganProblemBasedLearningBerbasisMultipleIntelligencesterhadapKemampuanMemecahkanMasalahdanHasilBelajarGeografiSiswaSMA.Tesis.ProgramStudiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Dr.Ach.AmirudinM.Pd.KataKunciGroupInvestigationProblemBasedLearningKemampuanMemecahkanMasalahHasilBelajarGroupInvestigationdanProblemBasedLearningberbasisMultipleIntelligencesmerupakanmodelpembelajaranmandiridenganmengkonstruksikemampuandalamdirisiswa.Everychildisspecialartinyasetiapsiswamemilikikecerdasanmasing-masingdipengaruhipemahamankonseppengalamanhidupdandibuktikandalammenyelesaikanpermasalahandilapangan.ImplementasimodelpembelajaraniniakanmembuatsiswamengetahuipotensisesuaikecerdasandanmemudahkanmengkonstruksipemahamansiswatentangpermasalahanlingkungandiwilayahKotaBatu.PenelitianinibertujuanuntukmembandingkanmodelGroupInvestigationdenganProblemBasedLearningberbasisMultipleIntelligencesterhadapkemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajar.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitiannonequivalentgroupdesign.SubyekdalampenelitianinisiswakelasXIIPSSMANegeri1KotaBatuSemesterGenaptahunajaran2015/2016.PenilaiankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajarGeografimenggunakaninstrumensoalpretestdanposttestyangtelahdivalidasidanujireliabilitas.AnalisismenggunakantwowayanavadenganprogramSPSS16.0forWindows.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitianterdapatperbedaankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajargeografidenganmenggunakanGroupInvestigationdanProblemBasedLearningberbasisMultipleIntelligences.Rata-ratahasilbelajarGroupInvestigationlebihtinggi42dibandingkanProblemBasedLearningsedangkankemampuanmemecahkanmasalahProblemBasedLearningmemilikinilaiyanglebihtinggi4dibandingkanGroupInvestigation.DapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelGroupInvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsedangkanpenggunaanmodelProblemBasedLearningdapatmendorongsiswadalamkemampuanmemecahkanmasalah.Saranyangdiberikanbagigurusebagaiberikuta)PadapembelajaranjanganmenganggapsemuasiswamemilikikecerdasansamakarenasiswamemilikikecerdasanberanekaragamsehinggapenggunaanMultipleintelligencesdisarankanbagisemuamatapelajaranb)untukmemfasilitasipembelajaranyangmemperhatikanmultipleintelligencesyangberbasislingkungandisarankanmenggunakanmodelGroupInvestigationdanProblemBasedLearning.