Pengembangan modul geografi pariwisata berbasis paket wisata Pulau Lombok / Andrinata
Main Author: | Andrinata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62360/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAndrinata2016.PengembanganModulGeografiPariwisataBerbasisPaketWisataPulauLombokpadaMateriKeragamanObjekdanDayaTarikWisata.TesisJurusanPendidikanGeografiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pddan(II)Drs.IKomangAstinaM.S.Ph.D.KataKunciPengembanganModulGeografiPariwisataPaketWisataPulauLombokKendalayangdihadapipadamatakuliahGeografiPariwisataadalahbahanajaryangterbatas.Bahanajartersebutjugamasihbersifatumumbelummendukungsifatbelajarmandiridanbelummenjunjungsifatkontekstualdengankondisilingkungannya.KondisibahanajaryangdemikianmengakibatkanpandanganmahasiswatentangketerkaitanGeografiPariwisatadenganlingkungannyamasihabstrak.Isinyamasihberupakonsepdanpariwisatasebagaidisiplinilmubukansebagaibidangstudigeografisehinggatujuankompetensiyangdirumuskanbelumterjacapai.BerdasarkanhasildiskusisurveidananalisisbahanajartersebutmenunjukkanperlunyamelakukanpengembanganbahanajarpadamatakuliahGeografiPariwisata.TujuanpenelitianiniialahmenghasilkanmodulGeografiPariwisataBerbasisPaketWisataPulauLombokyangdisusunsesuaidengandesainmodulCMichaelHalldanStephenJ.Page.PenelitianinididesaindenganpendekatanpenelitianpengembanganyangmenggunakanmodelDickCareydandisederhanakanmenjadienamlangkah.Kualitasprodukdiketahuimelaluihasiltanggapandaridosenpengampumatakuliahdanmahasiswapadasaatujilapangan.SubjekujicobayaknimahasiswaProgramStudiPendidikanGeografiSTKIPHamzanwadiSelongpadasemesterVItahun2013yangtelahmenempuhmatakuliahtersebut.Berdasarkanhasilvalidasidanujicobalapanganjumlahskoryangdidapatyakni(a)penilaianahlidesainpembelajaranterhadapkomponenmoduladalah827(b)penilaianahliisi/materiterhadapkomponenmodul83%(c)penilaianahlibahasaterhadapkomponenmodul76%(d)penilaiandosenpengampumatakuliahdanmahasiswaterhadapangketyangdibagikanterkaitdenganprodukyangdikembangkanyaknimasing-masingmemperolehnilai8428%dan864%.Nilairata-ratahasilvalidasidanujicobalapanganmodulyangdikembangkanlayakdigunakansebagaisumberbelajardengantingkatpersentase825%.BeberapasaranbagipengembanganlebihlanjutyakniPertamabahanajarsebaiknyadikembangkansecarautuhpadasemuakompetensidasardanlebihdarisatukajiansehinggamenghasilkanprodukmodulyangutuhdalamsatumatakuliah.Keduapenelitihanyamengambildatahasiltanggapanmahasiswadandosenterhadapkemenarikandankelayakanmateribelumsampaipadatahapanpenggunaanmodulpembelajaranuntukituperlumelakukanpenelitianlebihlanjutuntukmengetahuiefektivitaspenggunaanprodukdalampembelajaransebenarnya.