Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis outdor study terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Dwi Pudi Lestari

Main Author: Lestari, Dwi Pudi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62358/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLestariDwiPudi.2016.PengaruhModelPembelajaranProjectBasedLeaningBerbasisOutdoorStudyterhadapHasilBelajarGeografiSiswaSMA.TesisJurusanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Ach.FatchanM.PdM.P(II)Dr.INyomanRujaS.UKataKunciProjectBasedLeaningOutdoorStudyHasilbelajarProsespembelajaranberkaitandenganinteraksisiswadanguru.Gurusebagaikomponenpembelajaranbebasmenentukanmodeldanmetodeyangakanditerapkandikelas.ModeldanmetodeyangberkembangsaatiniadalahProjectBasedLearningberbasisOutdoorStudyyangakanmembantusiswaaktifdiluardandidalamkelas.Diluarkelassiswamelakukanobservasilapangandandidalamkelasgurumengajaksiswauntukmenyampaikanhasilobservasidengandiskusikelompokdanpresentasi.Kegiataniniakanmembantusiswadalammeningkatkanpemahaman(hasilbelajar)dalammatapelajarankhususnyageografi.PembelajarandiSMANegeri1Gayammenggunakanmetodeceramahpenugasandiskusitanyajawabtetapisiswajarangmendapatkanpembelajarandiluarkelas.Denganmenggunakanmodeldanmetodeinidiharapkanberpengaruhterhadappemahamansiswapadamateriyangdipelajaridanhasilbelajar.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhProjectBasedLearningberbasisOutdoorStudyterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajarangeografikelasXIdiSMANegeri1Gayam.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)dengansubjekpenelitiansiswakelasXIIPS1sebagaikelaskontroldankelasXIIPS2sebagaikelaseksperimen.Instrumenpenelitiansoaltesterdiridari5butirsoalesai(PretestdanPosttest).Soalsebelumnyadivalidasiterlebihdahulukemudianhasilnyadianalisis.BerdasarkanhasilpenelitianpembelajaranmenggunakanProjectBasedLearningberbasisOutdoorStudyberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Dilihatdarihasilpretestsiswakelaskontroladalah5733sedangkanhasilposttest775.Hasilpretestsiswakelaseksperimenadalah5416danposttestadalah76.Gainscorekelaseksperimensebesar2183sedangkankelaskontrol2016.DarihasilujihipotesismenggunakanSPSS16.0forwindowsmenunjukkannilaisignifikansi0000yangberartiH0ditolakdanH1diterimasehinggapembelajaranmenggunakanmodelProjectbasedLearningberbasisOutdoorStudyberpengaruhterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.Pembelajaraninimembuatsiswatertarikmelakukankegiatanlapangan(observasi).Siswalebihterampildantekundalammengerjakantugas.Siswamerasatertantanguntukmenyelesaikanmasalah.Kelemahanpembelajaraninimenuntutsiswabekerjaberkelompoksiswatidakfokuspadatujuanpembelajarandanmembutuhkanwaktuyanglamadalampenyelesaianproyek.Saranuntukkelemahanpembelajaraninisiswadisuruhdudukdengankelompoknyamasing-masingagarkerjakelompokberjalanbaik.Membuatjadwalpenelitian(observasi)ketikadiluarkelasagarsiswadapatdikondisikan.Guru/penelitidapatmenambahkanjumlahpertemuanketikamenggunakanmodelProjectBasedLearningberbasisOutdoorStudyagartugasproyekmaksimal.