Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi SMA / Andri Estining Sejati
Main Author: | Sejati, Andri Estining |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62342/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSejatiAndriEstining.2016.PengaruhMetodePembelajaranOutdoorStudyterhadapKemampuanMenulisKaryaIlmiahGeografiSMA.Tesis.ProgramStudiS2PendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Dr.INyomanRujaSU.KatakuncioutdoorstudykaryailmiahKemampuanmenuliskaryailmiahperludikembangkanolehsiswa.SiswayangmemilikikemampuanmenuliskaryailmiahtinggibermanfaatsebagaireferensimengerjakantugasdanprestasitambahandalammemasukiSNMPTN.Outdoorstudymerupakansalahsatumetodepembelajaranyangmampumengembangkankemampuanmenuliskaryailmiahsiswa.Salahsatubentukoutdoorstudyyangdigunakandalampenelitianiniadalahpengamatan(observasi)danwawancaralapanganuntukmengambildatapelestariansertakerusakanlingkunganbukitkarst.Tujuanpenelitianiniuntukmenjelaskanpengaruhmetodepembelajaranoutdoorstudy(pengamatandanwawancaralapang)terhadapkemampuanmenuliskaryailmiahgeografiSMA.Penelitianinimenggunakandesaineksperimensemudenganduakelompokyaitukelaseksperimendankelaskontrol.InstrumenpenelitianberupapedomanpenilaianyangbersumberdaripedomanpenulisankaryailmiahSMA/MAlustrumXIIUMtahun2014danpedomanPKMtahun2014yangdimodifikasi.Teknikpenilaiannyamenggunakanskorrubrik.Datayangdiperolehberupaskorkaryailmiahawaldanakhir.Datadianalisismenggunakanuji-tdenganbantuanprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkannilaisignifikansiuji-tsebesar0000(005).Halituberartiadapengaruhyangsignifikanmetodepembelajaranoutdoorstudy(pengamatandanwawancaralapang)terhadapkemampuanmenuliskaryailmiahgeografiSMA.Kemampuanmenuliskaryailmiahsiswakelaseksperimenlebihbaikdibandingkandengankelaskontrol.Bagianmenuliskaryailmiahmeliputikemampuanumumjudulpendahuluankajianpustakametodehasildanpembahasanpenutupsertadaftarpustaka.Empatbagianyangmengalamipeningkatanterbesarkemampuansiswakelaseksperimenyaitupendahuluankajianpustakametodesertahasildanpembahasan.Bagian-bagiantersebutmengalamipeningkatanakibatmenggunakanmetodeoutdoorstudyyangdidalamnyaterdapatkegiatanpengamatan(observasi)danwawancara.Kegiatantersebutmembuatsiswamendapatkanfaktadandatayangdikomunikasikandalambagianpendahuluankajianpustakasertahasildanpembahasan.Bagianmetodemengalamikenaikankeduakarenasiswamempraktekkanapayangdidesain.Saranyangdapatdisampaikanterkaitdenganpenelitianiniadadua.Pertamabagiguruapabilamenggunakanmetodeoutdoorstudysebagaialternatifuntukmelatihkemampuanmenuliskaryailmiahsiswadisarankanmenyiapkanpedomanwawancarayangdikembangkanberdasarkanpermasalahandilokasiyangakandikunjungisebagaimengontrolaktivitassiswasaatdilapangan.Keduaapabilagurumenggunakanmetodeinidisarankanmembagisiswamenjadikelompokkecil(tigasampaiempatanggota)untukmempermudahpengawasan.