Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi SMA / Andri Estining Sejati

Main Author: Sejati, Andri Estining
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62342/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSejatiAndriEstining.2016.PengaruhMetodePembelajaranOutdoorStudyterhadapKemampuanMenulisKaryaIlmiahGeografiSMA.Tesis.ProgramStudiS2PendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Dr.INyomanRujaSU.KatakuncioutdoorstudykaryailmiahKemampuanmenuliskaryailmiahperludikembangkanolehsiswa.SiswayangmemilikikemampuanmenuliskaryailmiahtinggibermanfaatsebagaireferensimengerjakantugasdanprestasitambahandalammemasukiSNMPTN.Outdoorstudymerupakansalahsatumetodepembelajaranyangmampumengembangkankemampuanmenuliskaryailmiahsiswa.Salahsatubentukoutdoorstudyyangdigunakandalampenelitianiniadalahpengamatan(observasi)danwawancaralapanganuntukmengambildatapelestariansertakerusakanlingkunganbukitkarst.Tujuanpenelitianiniuntukmenjelaskanpengaruhmetodepembelajaranoutdoorstudy(pengamatandanwawancaralapang)terhadapkemampuanmenuliskaryailmiahgeografiSMA.Penelitianinimenggunakandesaineksperimensemudenganduakelompokyaitukelaseksperimendankelaskontrol.InstrumenpenelitianberupapedomanpenilaianyangbersumberdaripedomanpenulisankaryailmiahSMA/MAlustrumXIIUMtahun2014danpedomanPKMtahun2014yangdimodifikasi.Teknikpenilaiannyamenggunakanskorrubrik.Datayangdiperolehberupaskorkaryailmiahawaldanakhir.Datadianalisismenggunakanuji-tdenganbantuanprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkannilaisignifikansiuji-tsebesar0000(005).Halituberartiadapengaruhyangsignifikanmetodepembelajaranoutdoorstudy(pengamatandanwawancaralapang)terhadapkemampuanmenuliskaryailmiahgeografiSMA.Kemampuanmenuliskaryailmiahsiswakelaseksperimenlebihbaikdibandingkandengankelaskontrol.Bagianmenuliskaryailmiahmeliputikemampuanumumjudulpendahuluankajianpustakametodehasildanpembahasanpenutupsertadaftarpustaka.Empatbagianyangmengalamipeningkatanterbesarkemampuansiswakelaseksperimenyaitupendahuluankajianpustakametodesertahasildanpembahasan.Bagian-bagiantersebutmengalamipeningkatanakibatmenggunakanmetodeoutdoorstudyyangdidalamnyaterdapatkegiatanpengamatan(observasi)danwawancara.Kegiatantersebutmembuatsiswamendapatkanfaktadandatayangdikomunikasikandalambagianpendahuluankajianpustakasertahasildanpembahasan.Bagianmetodemengalamikenaikankeduakarenasiswamempraktekkanapayangdidesain.Saranyangdapatdisampaikanterkaitdenganpenelitianiniadadua.Pertamabagiguruapabilamenggunakanmetodeoutdoorstudysebagaialternatifuntukmelatihkemampuanmenuliskaryailmiahsiswadisarankanmenyiapkanpedomanwawancarayangdikembangkanberdasarkanpermasalahandilokasiyangakandikunjungisebagaimengontrolaktivitassiswasaatdilapangan.Keduaapabilagurumenggunakanmetodeinidisarankanmembagisiswamenjadikelompokkecil(tigasampaiempatanggota)untukmempermudahpengawasan.