Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Alfi Sahrina

Main Author: Sahrina, Alfi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62334/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSahrinaAlfi.2015.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningterhadapHasilBelajarGeografiSiswaSMA.Tesis.JurusanPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.AchmadFatchanM.Pd.M.Pdan(II)Prof.Dr.BudijantoM.Sos.KataKunciModelPembelajaranProblemBasedLearningHasilBelajarGeografiModelpembelajaranProblemBasedLearningbertujuanmengembangkankemampuanpemecahananmasalahsertamembangunpengetahuansiswasecaramandiri.Fokuspembelajaranterletakpadapemecahanpermasalahanyangbersifatautentik.Denganmenggunakanpermasalahanautentikpengetahuanyangditemukansecaramandiriakanlebihmelekatdalamingatan.Halinidikarenakansemakinkonkritsiswamempelajaribahanpelajaranmakasemakinbanyaklahpengalamanyangmerekadapatkan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemu(QuasiEksperimen)yangmelibatkankelompokkontroldaneksperimen.Desainpenelitianyangdigunakanadalahnonequivalentcontrolgroupdesign.Penentuansubjekpenelitianberdasarkannilairata-rataUASsemesterIyanghampirsama.KelasXIIIS1sebagaikelaseksperimenyangmemilikinilaiUASsebesar7600danXIIIS2sebagaikelaskontrolyangmemilikinilaiUASsebesar7646.Instrumenpenelitianberupatesyangberbentukesai.DatayangdigunakanberupagainscoreyangdianalisisdenganbantuanprogramSPSS160forwindows.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranProblemBasedLearningberpengaruhterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.Halinidibuktikandengannilairata-ratagainscorekelaseksperimensebesar2199lebihbesardibandingkandengankelaskontrolsebesar1503.Hasilanalisisuji-tmenunjukkanbahwanilaisignifikansisebesar0012.Nilaitersebutlebihkecildari0050(p