Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ellysa Putri

Main Author: Putri, Ellysa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62307/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutriEllysa.2015.PengaruhModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)TerhadapHasilBelajarGeografiSiswaSMA.Tesis.PendidikanGeografi.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Drs.IKomangAstinaM.SPh.D.KataKunciModelPembelajaranTTWHasilBelajar.ThinkTalkWrite(TTW)merupakanmodelpembelajaranyangdapatmenumbuhkembangkankemampuanpemahamankonsep.Siswaditempatkansebagaisubjekpembelajaransehinggadapatmeningkatkanhasilbelajar.Langkah-langkahmodelpembelajaranTTWdimulaidariketerlibatanpesertadidikdalamberpikiratauberdialogreflektifdengandirinyasendiri(think)berbicaradanberbagiidedengantemannya(talk)sebelumpesertadidikmenulis(write).KetigaaktivitasTTWlebihefektifjikadilakukandalamkelompokheterogen3-6siswa.PenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)terhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.PenelitiandilakukandiMANBandaAcehItahunajaran2014/2015.SubjekpenelitianmerupakansiswakelasXIS2sebagaikelaseksperimendansiswakelasXIS1sebagaikelaskontrol.Subjekpenelitianditentukanberdasarkanrata-ratanilaiujianakhirsemesterIyangmendekatisama.Rancangandalampenelitianiniadalaheksperimensemu(quasiexsperiment)dengandesainNonEquivalentControlGroupDesign.VariabelterikatdalampenelitianiniyaituhasilbelajardanvariabelbebasnyamodelpembelajaranTTW.Instrumenpengukuranhasilbelajarsiswamenggunakantesessay.Hasilpengukuranberupadatayangselanjutnyadianalisismenggunakant-testdenganmenggunakanbantuanprogramSPSS16.0forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranTTWberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarsiswa.Berdasarkanselisihnilaiposttestdanpretestrata-ratagainscorekelaseksperimenlebihtinggidibandingkankelaskontrol.HasilinimembuktikanbahwamodelpembelajaranTTWberpengaruhterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXMANBandaAcehI.Saranyangdapatdiberikanbagigurudanpenelitiselanjutnyayaitu1)bagigurudisarankanuntuk(a)Memotivasisiswaagarterlibataktifdalammengemukakanide/gagasanpadatahaptalksehinggaketerampilankomunikasilisandapatmeningkat(b)Membantusiswapadatahapwritekarenasiswaharusmenyusunjawabansecaraindividusehingaketerampilankomunikasitulisandapatmeningkat.2)bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntuk(a)mengujipengaruhmodelpembelajaranTTWterhadapvariabellainsertapadalokasijenjangpendidikanataumaterilain(b)mengintegrasikanataumembandingkanmembandingkandenganmodelpembelajaranyanglain.