Pengembangan suplemen bahan ajar geografi sumber daya berbasis kearifan lokal tentang pelestarian Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) / Zumrotin Nisa'

Main Author: Nisa', Zumrotin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62302/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNisaZumrotin.2015.PengembanganSuplemenBahanAjarGeografiSumberDayaBerbasisKearifanLokalTentangPelestarianTamanNasionalLoreLindu(TNLL).TesisJurusanPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(2)Dr.INyomanRujaS.U.KataKuncibahanajarpengembangankearifanlokalBahanajardigunakanolehpendidikuntukmembantudalamprosespembelajaran.Bahanajarperludikembangkandalampembelajarandanharusdisesuaikandengantuntutankurikulumkarakteristiksasaranpemecahanmasalahdansebagaiupayapeningkatkankualitaspembelajaran.Namunmasihadakendalayangdihadapidalamprosespembelajaransepertikurangtersediannyasumberbelajarpadamatakuliahgeografisumberdayakhususnyamateripengelolaansumberdayaalamberwawasanlingkungandanberkelanjutan.Halinimenjadikanketerbatasanpengetahuanmahasiswadalammemecahkanmasalahyangdihadapibersumberdarilingkungansekitarnya.Olehkarenaitupotensilokalsuatudaerahperludikemasdandikembangkanmenjadisuatubahanajarberbasiskearifanlokaluntukmeningkatkanpemahamanmahasiswatentangpotensinyatayangadadidaerahnya.PengembanganbahanajarberdasarkankaidahkeilmuangeografidenganmodifikasipenelitiandanpengembanganmodelBragGall.Prosedurpenelitiandanpengembanganterdiridarisepuluhlangkahnamunhanyadilakukantujuhlangkah.Datahasilvalidasidanujicobaberupasarantanggapandanpenilaiansebagaidasaruntukperevisiandanpenyempurnaanprodukbahanajaryangdikembangkan.Hasilujicobamenunjukkanprodukbahanajaryangdikembangkanmendapatresponpositifdarivalidatordanmahasiswabaikaspekisidesaintampilanmaupunkemanarikanbahasanya.Produkbahanajarhasilpengembangantidakperludirevisidengantingkatpersentase82%danlayakuntukdigunakan.Kelayakanprodukyangtelahdivalidasiahliberadapadakualifikasisangatlayakdenganrata-ratapersentase84%.Hasilujicobapadakelompokkecilberadapadakualifikasilayakdantidakperludirevisidengantingkatpencapaian72%.Adanyapengembanganbahanajarberbasiskearifanlokalinidiharapkandosendanmahasiswalebihkreatifdanmemanfaatkanlingkungansekitarsebagaisumberbelajar.Sebagaisarandeseminasisebaiknyadalamlangkahpenelitiandilakukansampaipadatahapevaluasisumatifuntukmengetahuiefektifitasdanefesiensibahanajar.Untuksaranpengembanganselanjutnyasebaiknya1)bahanajardikembangkansecarautuhpadasemuakompetensidasardanlebihdarisatukajiankearifanlokalmasyarakat2)dilakukanpenelitianeksperimenuntukmemperolehhasilyanglebihberkualitasdanmengujipengaruhprodukpadahasilbelajarmahasiswa.