Pengembangan suplemen bahan ajar geografi sumber daya berbasis kearifan lokal tentang pelestarian Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) / Zumrotin Nisa'
Main Author: | Nisa', Zumrotin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62302/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNisaZumrotin.2015.PengembanganSuplemenBahanAjarGeografiSumberDayaBerbasisKearifanLokalTentangPelestarianTamanNasionalLoreLindu(TNLL).TesisJurusanPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(2)Dr.INyomanRujaS.U.KataKuncibahanajarpengembangankearifanlokalBahanajardigunakanolehpendidikuntukmembantudalamprosespembelajaran.Bahanajarperludikembangkandalampembelajarandanharusdisesuaikandengantuntutankurikulumkarakteristiksasaranpemecahanmasalahdansebagaiupayapeningkatkankualitaspembelajaran.Namunmasihadakendalayangdihadapidalamprosespembelajaransepertikurangtersediannyasumberbelajarpadamatakuliahgeografisumberdayakhususnyamateripengelolaansumberdayaalamberwawasanlingkungandanberkelanjutan.Halinimenjadikanketerbatasanpengetahuanmahasiswadalammemecahkanmasalahyangdihadapibersumberdarilingkungansekitarnya.Olehkarenaitupotensilokalsuatudaerahperludikemasdandikembangkanmenjadisuatubahanajarberbasiskearifanlokaluntukmeningkatkanpemahamanmahasiswatentangpotensinyatayangadadidaerahnya.PengembanganbahanajarberdasarkankaidahkeilmuangeografidenganmodifikasipenelitiandanpengembanganmodelBragGall.Prosedurpenelitiandanpengembanganterdiridarisepuluhlangkahnamunhanyadilakukantujuhlangkah.Datahasilvalidasidanujicobaberupasarantanggapandanpenilaiansebagaidasaruntukperevisiandanpenyempurnaanprodukbahanajaryangdikembangkan.Hasilujicobamenunjukkanprodukbahanajaryangdikembangkanmendapatresponpositifdarivalidatordanmahasiswabaikaspekisidesaintampilanmaupunkemanarikanbahasanya.Produkbahanajarhasilpengembangantidakperludirevisidengantingkatpersentase82%danlayakuntukdigunakan.Kelayakanprodukyangtelahdivalidasiahliberadapadakualifikasisangatlayakdenganrata-ratapersentase84%.Hasilujicobapadakelompokkecilberadapadakualifikasilayakdantidakperludirevisidengantingkatpencapaian72%.Adanyapengembanganbahanajarberbasiskearifanlokalinidiharapkandosendanmahasiswalebihkreatifdanmemanfaatkanlingkungansekitarsebagaisumberbelajar.Sebagaisarandeseminasisebaiknyadalamlangkahpenelitiandilakukansampaipadatahapevaluasisumatifuntukmengetahuiefektifitasdanefesiensibahanajar.Untuksaranpengembanganselanjutnyasebaiknya1)bahanajardikembangkansecarautuhpadasemuakompetensidasardanlebihdarisatukajiankearifanlokalmasyarakat2)dilakukanpenelitianeksperimenuntukmemperolehhasilyanglebihberkualitasdanmengujipengaruhprodukpadahasilbelajarmahasiswa.