Pengembangan multimedia materi SIG untuk SMA / Hendri Prastiyono

Main Author: Prastiyono, Hendri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62297/
Daftar Isi:
  • PrastiyonoHendri.2015.PengembanganMultimediaMateriSIGuntukSMA.TesisProgramStudiPendidikanGeografiProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.EdyPurwantoM.Pd.(II)Dr.Ach.AmirudinM.Pd.KatakuncigeografipengembanganmultimediasisteminformasigeografisMaterisisteminformasigeografisyangdiajarkandiSMAterdiridari4topik.Topikyangdiajarkanbanyakmengandungkonsepkonkritdandisajikantanpabantuanmediayangrepresentatif.Siswamengalamikesulitanmemahamimateri.Sebaiknyamateritersebutdiajarkanmenggunakanmediayangrepresentatif.Olehkarenaitutujuanutamadalampenelitianiniadalahmengembangkanmultimediapembelajaranyangdapatdigunakanuntukmembantusiswamemudahkanmemahamimateri.PerancanganmultimediapembelajaraninimenggunakanRDprojectmodelBorgdanGall(1989)yangdimodifikasidarisepuluhlangkahmenjadiempatlangkah.KeempatlangkahtersebutyaituanalisismateripengembanganprodukUjicobaprodukdanrevisiproduk.PenelitianpengembanganinimenggunakansoftwareAdobeFlashdanAdobePrimierCS4untukdesainmultimedia.ProdukakhirpengembanganyangdihasilkanberupaCDmultimediapembelajaranmaterisisteminformasigeografisuntukSMA.Tahapvalidasiahlimateridanmediadidalamlangkahpengembangandilakukanuntukmengetahuikelayakanproduksebelumujicobadilapangan.Ujicobalapangandilakukanpada43siswakelasXIIIPSdiSMAWachidHasyim2TamanSidoarjo.Hasilujicobalapangandengan5indikatormenunjukkanpersentasekelayakanproduksebesar939%danketuntasanklasikalsaattesevaluasiproduksebesar884%.Hasiltersebutmenunjukkanpengembanganproduksudahbaikdanlayakuntukdigunakandalamprosespembelajaran.Revisisetelahujicobadilakukanberdasarkansarandanmasukandarisiswa.Saranpemanfaatanmeliputi(1)pembelajarandilakukandikelas/labmultimedia(2)penggunaanprodukdidalamkelassebaiknyamenggunakanalatbantuberupaproyektorLCDdansoundspeakeragartampilandansuaraoptimal(3)komputeryangdigunakanharussudahterinstalprogramaudiodanmemilikiperangkatheadset.Selainitujugasaranpengembanganlanjutagarprodukmultimediamenjadilebihbaikyaitu(1)produkterbataspadabeberapatopikmaterisisteminformasigeografisehinggaperludikembangkansecarautuhdanmenyeluruh(2)ujicobaprodukterbataspadadaerahperkotaansehinggaperludiujicobakandidaerahpedesaandanterpencildan(3)pengembanganprodukdilakukandalamwaktuyangsingkatsehinggauntukmendapatkankualitastinggisebaiknyadilakukanmultiyear.ProdukdiseminasikanmelaluiforumMGMPkabupatenSidoarjodanforumAsosiasiGuruGeografiIndonesia(AGGI).Selanjutnyapenelitianlebihlanjuttentangmultimediadisarankan(1)dalambentukpenelitiandanpengembanganmodellainlebihmenekankanhasilrisetberdasarkanroadmappenelitianmultimedia(2)menggunakankelaseksperimendankontrolpadasubjekujicobauntukmengetahuiperbandinganhasilbelajar(3)memadukandenganteoribelajaryangsudahadasehinggaprodukpengembanganmultimediatidakberdirisendiri