Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar geogeafi siswa SMA/MA / Saiful Amin

Main Author: Amin, Saiful
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/62279/
Daftar Isi:
  • AminSaiful.2014.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningterhadapHasilBelajarGeografiSiswaSMA/MA.TesisProgramStudiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.AchmadFatchanM.PdM.P.(II)Drs.IKomangAstinaM.SPh.D.Kata-kataKunciProblemBasedLearning(PBL)hasilbelajargeografiProblemBasedLearning(PBL)padamulanyadirancanguntukdiagnosispermasalahandibidangkesehatandiMedicalSchoolofCaseW.UniversityModelUSAtahun1950-an.PBLmulaiditerapkanpadasekolahkesehatanolehHowardBarrowsdiMcMasterUniversitySchoolofMedicineKanadapadatahun1969.PBLmerupakanmodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajardanbekerjasamadalamkelompokuntukmemecahkanmasalah.KarakteristikmodelPBLmeliputiberbasismasalahmemecahkanmasalahpembelajaranberpusatpadasiswapembelajaranmandiridanrefleksi.DugaansementarayangdapatdibangunberdasarkankajianteoridanpenelitianterdahulubahwamodelPBLberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswapadakompetensimemecahkanmasalahgeografi.PenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)terhadaphasilbelajargeografisiswakelasXIIPSMANegeriMalang2padamateripelestarianlingkunganhidup.Desainpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemudenganbentukrancangannonequivalentcontrolgroup.Subjekdiambildarikelasyangmemilikikemampuanakademikrelatifsama(setara)berdasarkannilairata-ratageografipadaujianakhirsemesterganjiltahun2013/2014.Analisisdatamenggunakanteknikindependentsamplet-testdenganprogramSPSS16.0forWindowspadatarafsignifikansi5%.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)berpengaruhterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXIIPSMANegeriMalang2padamateripelestarianlingkunganhidup.PenyebabmodelPBLberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswadidugakarena(1)modelpembela-jaranPBLberbasismasalah(2)masalahyangdihadirkandalamPBLbersifatautentikdan(3)modelpembelajaranPBLberpusatpadasiswa.SaranyangdapatdiberikanterkaitpenerapanmodelPBLyaitupertamabagigurugeografihendaknyamenerapkanPBLuntukpembelajarangeografidiSMAterutamayangberkaitandenganmateripelestarianlingkunganhidupkarenamodeltersebutmemilikipengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Keduabagipenelitianselanjutnyaalokasiwaktuditambahpadatahapanpemecahanmasalahdanpresentasihasillaporankarenadalampelaksanaannyasiswamemerlukanbanyakwaktupadatahapanini.