Pengaruh model group to group exchange dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Sahesty Adriani
Main Author: | Adriani, Sahesty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62241/ |
Daftar Isi:
- Katakuncihasilbelajargrouptogroupexchangedanmotivasiberprestasi.KondisipembelajaranSMALaboratoriumUMkurangmemberdayakanpotensisiswasehinggaperolehanhasilbelajarkurangmaksimal.Adanyakondisitersebutdiperlukansuatumodelpembelajaran.Grouptogroupexchangemerupakanpembelajarankelompokyangmelatihbekerjasamadanmengajarkanapayangmerekapelajari.Kondisipembelajaranlainyangmempengaruhipening-katanhasilbelajaradalahkarakteristiksiswadiantaranyamotivasiberprestasi.Sepertidiketahuibahwafaktormotivasiberprestasidapatmenentukankeber-hasilandankegagalandalampembelajaran.Penelitianinidimaksudkanuntukmengetahui(1)pengaruhmodelgrouptogroupexchangeterhadaphasilbelajargeografi(2)pengaruhmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajargeografidan(3)interaksiantaramodelgrouptogroupexchangedenganmotivasiberprestasiberpengaruhterhadaphasilbelajargeografi.Penelitianeksperimensemu(quasieksperiment)inidirancangdenganmenggunakanTheTreatedControlGroupDesignWithPretestandPosttest.Subjekpenelitianberjumlah74orangsiswayangterbagidalamduakelasyaitukelasX2sebagaikelaseksperimendankelasX3sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupateshasilbelajardanmotivasiberprestasi.Teknikanalisisyangdigunakanujianovaduajalurdant-testyangdiselesaikandenganbantuankom-puterprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)penggunaanmodelgrouptogroupexchangeberpengaruhsecarasignifikanterhadaphasilbelajar.Rata-ratahasilbelajargeografidenganmodelgrouptogroupexchangelebihbaikdaripadarata-ratahasilbelajarsecarakonvensional(2)motivasiberprestasiberpengaruhter-hadaphasilbelajargeografi.Rata-ratahasilbelajargeografisiswayangmemilikimotivasiberprestasitinggilebihbaikdaripadarata-ratasiswayangmemilikimotivasiberprestasirendahdan(3)tidakterdapatinteraksiantarapenggunaanmodelpembelajarandenganmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajargeografi.Bertolakdarihasilpenelitiandapatdikemukakansaran-saran(1)untukmeningkatkanhasilbelajargeografigurudapatmelaksanakanpembelajaranmodelgrouptogroupexchange(2)untukmemperolehhasilbelajaryangmaksimalguruhendaknyamemperhatikantingkatmotivasiberprestasisiswa.Gurudapatmemberikanberbagaimacamlatihanuntukmenumbuhkanmotivasiberprestasiterutamasiswayangmemilikimotivasirendah(3)penelitianlanjutandisarankanmenggunakanmodelinidengankonteksmateriyangberbedasubjekataupunlokasipenelitianlainnya.