Peningkatan kreativitas penyusunan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan IPS-Geografi di SD melalui metode pemberian tugas bagi mahasiswa DII PGSD di Blitar / Suminah
Main Author: | Suminah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62207/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSuminah.2008.PeningkatanKreativitasPenyusunanRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)danHasilBelajardalamPembelajaranPendidikanIPS-GeografidiSDmelaluiMetodePemberianTugasbagiMahasiswaDIIPGSDdiBlitar.TesisProgramStudiPendidikanGeografiProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SumarmiM.Pd.(II)Dr.AgusSuryantoroM.Si.KataKuncikreativitasrancanganpelaksanaanpembelajaranhasilbelajar.PemilihanpembelajaranuntukmenyusunRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)danhasilbelajarmelaluimetodepemberiantugasbagimahasiswaD-IIPGSDdilatarbelakangiolehpermasalahanbelumkreatifnyamahasiswabagicalongurudalammembuatindikatormenyusunskenariopembelajaranmengembangkanmaterimenentukanmediamenyusunevaluasiataukomponen-komponendalamRPPyangditargetkandalamGBPP.Haltersebutdisebabkandalampembelajaranbelummenggunakanmetodedanstrategiyangtepat.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)meningkatkankreativitasmahasiswadalammenyusunRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)melaluimetodepemberiantugasagarmahasiswadapatmenuangkanide-ideataugagasannya(2)meningkatkanhasilbelajardalammenyusunRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)melaluimetodepemberiantugasagarmahasiswadapatmengimplementasikandeskriptor-deskriptoryangadadalamRPP.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatandeskriptifdenganrancanganpenelitiantindakankelas.Rancanganpenelitiandisusundalamsatuansiklussecaraberdaurmeliputi(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pemantauan(4)perefleksian.Kegiatanperefleksiandilakukansetiapakhirsiklusdandijadikanpedomanuntukperbaikansertarancangantindakanpadasiklusberikutnya.Tahappelaksanaanpenelitiandilakukansecarakolaboratifantaradosen(peneliti)dengandosensejawat(pemantau).Hasilnyadapatdirekonstruksikandenganbaik.PenelitiandilaksanakandikampusPGSDBlitardengansasaran40mahasiswasemester4tahunakademik2007/2008.PeningkatankreativitasdanhasilbelajarmenyusunRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)dilaksanakandengan(1)pemberianinformasi(2)tanyajawab(3)pemberiantugasdan(4)hasilbelajaragarmemperolehhasilyangmaksimal.HasilanalisisdatatentangkreativitasmenyusunRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)bahwasetiapsiklusmengalamikenaikanyaitudarisiklusIkesiklusIIsebesar30persensiklusIIkesiklusIIIpertemuan1sebesar10persensiklusIIIpertemuan1kesiklusIIIpertemuan2sebesar25persenkarenawaktuyangdiberikanlebihdaritigajampelajaran(PR).SedanghasilanalisisdatatentanghasilbelajarmenyusunRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)bahwasetiapsiklusmengalamikenaikanyaitudarisiklusIkesiklusIInaiksebesar10persensiklusIIkesiklusIIIpertemuan1sebesar30persensiklusIIIpertemuan1kesiklusIIIpertemuan2sebesar40persenwaktuyangdiberikansangatpanjang(sebagaiPR).BerdasarkanhasilpembahasandisimpulkanbahwaadapeningkatankreativitasdanhasilbelajarmenyusunRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)dalampelaksanaanpembelajarandenganpemberianinformasitanyajawabpemberiantugasdanhasilbelajar.Aktivitas-aktivitastersebutdapatmembawapembelajaranmenjadiaktifdankreatifmahasiswadapatmenuangkanide-idedangagasannyadalammenyusunRPP.Olehsebabitudisarankanbagimahasiswa(calonguru)dapatmenyusunRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)secararutinsebagaitugassebelummengajaragarmemilikikreativitas.