Peningkatan hasil belajar IPS-Geografi melalui media gambar diam kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rampal Celaket I Kota Malang tahun ajaran 2006/-2007 / Murtiningsih
Main Author: | Murtiningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62203/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMurtiningsih.2007.PeningkatanHasilBelajarIPSGeografiMelaluiMediaGambarDiamKelasIVSekolahDasarNegeriRampalCelaketIKotaMalang.TesisProgramStudiPendidikanGeografiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.EdyPurwanto(II)Dr.Ach.Amiruddin.Kata-katakunciPeningkatanhasilbelajarmediagambardiamPenelitianinidilatarbelakangiolehhasilpengamatansaatmelaksanakanPPLdiSDNRampalCelaketIKotaMalang.Padapengamatantersebutditemukanberbagaipermasalahanyaitu(1)siswakurangtertarikpadapembelajaranIPS-Georafinampaksiswakurangmemperhatikanpenjelasanguru(2)siswamasihkurangberanibertanyakepadagurudanmenjawabpertanyaanguru(3)siswamengalamikesulitandalammemahamimateripelajaranIPS-Geografi(4)materipelajaranIPS-GeografipokokbahasanKenampakanAlamsepertigunungteluktanjunglautdansebagainyatergolongkonsepkonkrityangsulitdidefinisikan.UntukmengurangiataumengatasihaltersebutdiperlukansuatustrategipembelajaranyangdapatmembuatsiswatertarikdansenangterhadappembelajaranIPSGeografipokokbahasanKenampakanAlam.Mediagambardiamsalahsatumediapembelajaranyangdapatdigunakanagarsiswatertariksenangdanaktifmendengarkanpenjelasanguru.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahadapeningkatanhasilbelajarsiswadenganditerapkannyamediagambardiamdalampembelajaranIPS-Geografi.UntukmencapaitujuantersebutdilakukanpenelitianTindakanKelas.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVBsebanyak34anakterdiridari20putradan14putri.HasilpenelitianpadasiklusImenunjukkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmediagambardiammampumeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajar.Rata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusIsebesar6485siklusIIsebesar6824sedangkanpadasiklusIIIsebesar75sehinggamengalamipeningkatansebesar339padasiklusIkesiklusIIdanpeningkatansebesar676padasiklusIIkesiklusIII.TampakbahwapenerapanmediagambardiamdalampembelajaranIPS-GeografidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakhususnyasiswakelasIVBSekolahDasarNegeriRampalCelaketIKotaMalang.Temuan-temuanyangdiperolehadalahsebagaiberikut(1)aktivitassiswadenganpenerapanmediagambardiamdalampembelajaranyangberpusatpadaaktivitassiswamengalamipeningkatan(2)penerapanmediagambardiamdalampembelajarandapat(a)menarikperhatiansiswadalammendengarkanpenjelasangurusehinggasiswatidakbosanuntukmenerimapelajaran(b)memudahkansiswauntukmemahamimateripelajaranyangdisampaikanolehguru(c)membuatsiswasulituntukmelupakanmateripelajaranyangmerekaterimakarenapenyampaianmateripelajarantidakbersifatverbalistik(d)membuatsiswasenangdanpuasterhadappelajaranyangdisampaikanolehgurudan(e)membangkitkansemangat/motivasibelajarsiswasehinggamerekalebihtertarikuntukgiatbelajarsupayamemperolehhasilbelajaryanglebihtinggi.PenelitianinimenyarankanbahwaguruIPSSekolahDasarhendaknyamenerapkanmediagambardiamdalampembelajaranIPS-GeografipadapokokbahasanyangsesuaiantaralainKenampakanAlamsehinggadapatmengaktifkansiswa.BagisekolahdiharapkandapatmenciptakansuasanayangkondusifsalahsatunyadenganmenyediakansaranadanprasaranayangberupamediapembelajaranyaitumediagambardiamsupayapembelajaranIPS-GeografikhususnyapadapokokbahasanKenampakanAlamdapatberlangsunglebihefektif.Bagipenelitilanjutdisarankanuntukmenggunakanmediapembelajaranyangtepatdansesuaisebagaipendukungdalamprosesbelajarmengajaragarpenggunaanmediagambardiamdapatterlaksanadenganbaiksertamateripelajaranyangdisampaikangurudapatmudahditerimaolehsiswadenganmengalokasikanwaktudenganbaik.ABSTRACTMurtiningsih2007.TheImprovementofGeography-SocialStudiesLearningAchievementThroughMotionlessPictureMediaforthefourthclassatSekolahDasarNegeriRampalIMalangCity.SupervisorProf.Dr.EdyPurwanto.Co-supervisorDr.Ach.Amiruddin.Keywordstheimprovementoflearningachievementmotionlesspicturemedia.ResearchtakesitsbackgroundfromtheobservationconductedwhentheauthorstandsasPPLinSDNRampalCelaketIMalangCity.Theobservationfindsseveralproblems(1)lessstudentsattentiontoGeography-SocialStudiesandtoteachersteaching(2)lessstudentscouragetogiveaquestiontotheteacherandanswerteachersquestion(3)studentsincapabilitytounderstandGeography-SocialStudiesmaterial(4)hardlydefinedbutconcreteconceptofGeography-SocialStudiesmaterialwithmainstudyofNaturalvisibilityinvolvingmountainbaycapeoceanetc.DealingwiththisproblemneedsapplyinglearningstrategytoimprovestudentsinterestonGeography-SocialStudieswithmainstudyofNaturalVisibility.Motionlesspicturemediareferstoalearningmediatoimprovethestudentsinterestpleasureandactivenesstolistenteachersteaching.TheobjectiveofresearchistounderstandwhethertheimprovementofstudentslearningachievementbecomesevidentaftertheapplicationofmotionlesspictureinGeography-SocialStudieslesson.ResearchsubjectincludesthestudentsofClassIVB34studentsconsisting20malesand14females.ResultsofresearchatcycleIindicatethatlearningwithmotionlesspictureseemsabletoimprovelearningactivityandlearningresult.TheaverageofstudentslearningachievementincycleIattains64.85whilecycleIIandIIIobtains68.24and75.ItmeansthattheimprovementfromcycleItoIIandcycleIItoIIIwillbe3.39and6.76.TheresultsalsoascertainthattheapplicationofmotionlesspictureinGeography-SocialStudieslessoncanimprovestudentslearningachievementmainlyforthestudentsofClassIVBatSekolahDasarNegeriRampalCelaketIMalangCity.Thefindingsshowthat(1)Studentsactivityduringtheapplicationofmotionlesspictureofactivity-centeredlearninghasbeenimproved(2)theapplicationofmotionlesspictureinlearningsuccessfully(a)attractsthestudentsattentiontolistenteachersteachingandavoidsfromthestudentstiredness(b)putthestudentsineasywaytounderstandlessonmaterialtaughtbyteachers(c)putthestudentsinhardwaytoforgetthelessonmaterialbecauseoftheabsenceofverbalmanneroflessonpresentation(d)buildupthepleasureandsatisfactionamongthestudentstowardlessonand(e)comesupthemotivationtolearnamongthestudentstopushthemintohigherachievement.AccordingtotheseresultstheauthorsuggeststhatSocialScienceteachersatelementaryschoolshouldconsidermotionlesspictureinlearningGeography-SocialStudieswhileadjustingitwithmainstudylikesNaturalVisibilitytoactivatethestudents.TheschoolmustcreateafavorableoccasionthroughprovidingdemandedstructureandinfrastucturelikealearningmediaofmotionlesspicturetoenhancethelearningeffectivenessofGeography-SocialStudiesinmainstudyofNaturalVisibility.Furtherresearcheshavetouseappropriatelearningmediaandtoconsideritasthesupportoflearning-teachingprocesstoexpectfavorableapplicationofmotionlesspictureandbyproperlyallocatingthetimetoexpectfavorablecommunicationbetweenstudentsandteachers.