Pengembangan bahan ajar permainan tradisional untuk siswa usia 6 sampai 11 tahun di sekolah dasar / Angga Bramansta Putrantana

Main Author: Putrantana, Angga Bramansta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/62159/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutrantanaAnggaB.2017.PengembanganBahanAjarPermainanTradisionalUntukSiswaUsia6Sampai11TahunDiSekolahDasar.TesisJurusanPendidikanOlahragaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EkoHaryantoM.Pd.(II)Dr.SaichudinM.Kes.KataKuncipengembanganbahanajarpermainantradisional.PendidikanJasmaniOlahragadanKesehatanmemasukkanmateripermainantradisionalpadaprosespembelajaransesuaidenganKompetensiIntidanKompetensiDasaryangtelahada.Permainantradisionalyangmeliputipetakumpetbentenganboy-boyanhadang.Kurikulum2013padajenjangSekolahDasarmengajarkanpermainantradisionaldapatdilihatpadabukugurudanbukusiswa.Padaprosespembelajaranguruharusmenyesuaikandengankarakteristiktumbuhkembangdansesuaidengantematikterpaduituakanmembuatmudahguruuntukmembuatbahanajarkhususnyauntukmateripembelajaranpermainantradisional.Tetapipadakenyataanyadalamaktivitaspembelajaranbelumadabahanajaruntukmemudahkanaktivitaspembelajaranyangdilihatdarikarakteristiktumbuhkembangdansesuaidengantematikterpadukhususnyapermainantradisional.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmengembangkanbahanajarpermainantradisionalpembelajaranPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatanbagisiswausia6Sampai11tahundiSekolahDasar.Untukmengetahuiseberapaefektifpermainantradisionaluntukkelentukankeseimbangandankelincahansiswa.ModelyangdigunakanpadapenelitiandanpengembanganinimenggunakanpendekatanResearchandDevelopment(RD)denganmenggunakanmodelpengembanganuntukmultimediayangdikembangkanolehLeeOwen.HasilvalidasiahliPembelajarandiperolehpersentase86.58%kategorisangatvalid.ValidasiahliPermainandiperolehpersentase82.75%tergolongkategoricukupvalid.ValidasiahliMediadiperolehpersentase753%tergolongkategoricukupvalid.ValidasidariahliPenggunadiperolehpersentase955%kategorisangatvalid.HasildariujicobakelompokkecilpadakelasIIIIIIdiperolehrata-ratapersentasesebesar9375%tergolongkategorisangatvalid.HasildariujicobakelompokbesarpadakelasIIIIIIdiperolehrata-ratapersentasesebesar946%tergolongkategorisangatvalid.Hasildariujiefektivitasmakajikatott(signifikan005)makahipotesisnihilditerima.Makatidakterdapatperbedaanyangsignifikanantarapre-testdenganpost-test.Dilihatdarihasilrata-ratapre-testdanpost-testjikapre-testpost-testdengandemikiandapatdinyatakanbahwateskeseimbangankelentukandankelincahandenganpengembanganpermainantradisionalengklekefektif.Produkyangdihasilkandaripenelitianpengembanganiniadalahbahanajarpermainantradisionalbagisiswausia6sampai11tahun.Pengembanganpermainantradisionalengkleklompattalibentengandanular-ularan.Modifikasipermainantradisionaltersebutakandikemasmenggunakanmultimediainteraktifsebagaisaranamenyampaikanbahanajartersebut.