Pengaruh penggunaan media pembelajaran panel hidrolik terhadap hasil belajar mata diklat hidrolik siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Alat Berat SMK Negeri 1 Singosari / Sunawi
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
---|---|
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62129/ |
Daftar Isi:
- Kata-kataKuncimediapembelajaranmotivasiberprestasihasilbelajarHasilbelajarhalyangselalumenjadiorientasidarisetiappelaksanaanprosespembelajaran.Intidariprosespembelajaranadalahpenyampaianinformasimelaluipemberianpengalamanolehgurukepadasiswauntukmencapaitujuanpembelajaransecaraefektif.Faktadilapanganmenunjukkankurangoptimalnyagurudalammelaksanakanprosespembelajaranterkaitdenganpemanfaatanmediapembelajarandanpemahamanterhadapmotivasiberprestasisiswaataupotensisiswasebagaifaktoryangmempengaruhihasilbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmediapembelajaranpanelterpisahpanelutuhdanmotivasiberprestasisiswaterhadaphasilbelajarsistemhidrolikdiSMKNegeri1Singosari.Ada3halyangdieksperimenkanyaitu(1)pengaruhyangsignifikanhasilbelajarsistemhidrolikantarakelompokpesertadidikyangmenggunakanmediapembelajaranpanelterpisahdanpanelutuh(2)pengaruhyangsignifikanhasilbelajarsistemhidrolikantarakelompoksiswayangmempunyaimotivasiberprestasitinggidengankelompoksiswamotivasiberprestasirendah(3)interaksiantarapenggunaanmediapembelajarandanmotivasiberprestasisiswaadapengaruhterhadaphasilbelajarsistemhidrolik.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatif.Datapenelitianberupahasilpengukuranterhadapvariabelyangdioperasikandenganmenggunakaninstrumen.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaitutestertulisdalambentuktesobjektif.Datayangdimaksudadalahhasilbelajarsistemhidrolik.Kegiatanpengumpulandatadilakukandenganmenggunakanmetodeeksperimen.AnalisisdatadilakukandengananalisisANOVAduajalur.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)adapengaruhyangsignifikanhasilbelajarsistemhidrolikantarakelompoksiswayangmenggunakanmediapembelajaranpanelterpisahdanmediapembelajaranpanelutuh(2)adapengaruhterhadaphasilbelajarantarakelompoksiswayangmotivasiberprestasitinggidengankelompoksiswayangmotivasiberprestasirendah(3)tidakadainteraksiantarapenggunaanmediapembelajaranpaneldanmotivasiberprestasiyangberpengaruhterhadaphasilbelajarsistemhidrolik.BerdasarkanhaltersebutguruperlumengusaipenggunaanmediapembelajaransehinggadalamprosespembelajarandapatmemaksimalkaninformasiyangdisampaikankepadasiswaSMKhendaknyalebihinovatifdanvariatifdalampembuatanmediapembelajaranperlunyapemenuhankebutuhanmediapembelajaranyangsesuaidengantujuanpembelajaranolehpihakterkait.