Kontribusi pemanfaatan fasilitas praktek di sekolah, pembimbingan prakerin, dan pelaksanaan prakerin terhadap hasil belajar produktif dan kesiapan kerja siswa SMK Program Keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan / Fatkhur Rochman

Main Author: Rochman, Fatkhur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/62023/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRochmanFatkhur.2018.KontribusiPemanfaatanFasilitasPraktikdiSekolahPembimbinganPrakerinPelaksanaanPrakerinterhadapHasilBelajarProduktifdanKesiapanKerjaSiswaSMKProgramKeahlianTKJdiKabupatenLamongan.TesisProgramStudiPendidikanKejuruanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.AmatMukhadisM.Pd.(II)Prof.Dr.WarasM.Pd.KatakuncipemanfaatanfasilitaspraktiksekolahpembimbinganprakerinpelaksanaanprakerinhasilbelajarproduktifkesiapankerjaMisiutamaSekolahMenengahKejuruan(SMK)adalahuntukmempersiapkansiswasebagaicalontenagakerjayangmemilikikesiapanuntukmemasukiduniakerja.KeberadaanSMKdituntutuntukmemenuhikebutuhanmasyarakatyaitukebutuhantenagakerja.Sehinggasiswadituntutuntukmemilikipengetahuanketerampilandansikapprofessionaldalambidangnya.Salahsatuindikatorkesiapankerjadapatdiperolehsiswaberupahasilbelajarproduktifdaripembelajaranformalyangdilengkapifasilitaspraktikyangmemadaidanpemanfaatanyangoptimalsertadaripengalamanpraktekkerjaindustri(prakerin)yangberupapembimbingandanpelaksanaanprakerin.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikontribusipemanfaatanfasilitaspraktikdisekolahpembimbinganprakerinpelaksanaanpraktikterhadaphasilbelajarproduktifdankesiapankerjasiswaSMKprogramkeahlianTKJdiKabupatenLamongan.Penelitianinidirancangdalamjenispenelitiankuantitatif.PopulasipenelitianiniadalahsiswaSMKTKJkelasXIprogramkeahlianTKJdiKabupatenLamongandenganjumlah294siswa.Tekniksamplingyangdigunakanadalahproportionalrandomsamplingdengansampelyangdiperolehsebanyak170siswa.Pengumpulandatauntukpemanfaatanfasilitaspraktikdisekolahpembimbinganprakerinpelaksanaanprakerindankesiapankerjadilakukandenganangketsedangkanuntukvariabelhasilbelajarproduktifdilakukandengandokumentasinilai.Ujihipotesisdalampenelitianinimenggunakanteknikanalisisjalur(pathanalysis)denganmodelpersamaanstruktural.Sebelummelakukananalisistersebutmakaperludilakukanujiprasyaratterlebihdahulu.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaseluruhkoefisienjalursignifikansehinggahipotesisalternatif(Ha)yangdiajukandinyatakanditerima.Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)TerdapatkontribusiyangsignifikansecarasimultanpemanfaatanfasilitaspraktikdisekolahpembimbinganprakerindanpelaksanaanprakerinterhadaphasilbelajarproduktifsiswaSMKprogramkeahlianTKJdiKabupatenLamongandengankontribusisebesar247%dan(2)TerdapatkontribusiyangsignifikansecarasimultanpemanfaatanfasilitaspraktikdisekolahpembimbinganprakerinpelaksanaanprakerindanhasilbelajarproduktifterhadapkesiapankerjasiswaSMKprogramkeahlianTKJdiKabupatenLamongandengankontribusisebesar424%.