Studi implimentasi kurikulum 2013 ditinjau dari kegiatan pembelajaran pada paket keahlian teknik komputer dan jaringan pada sekolah menengah kejuruan Kota Malang / Muhammad Azis

Main Author: Azis, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/61966/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAzisMuhammad.2017.StudiImplementasiKurikulum2013DitinjauDariKegiatanPembelajaranPadaPaketKeahlianTeknikKomputerdanJaringanPadaSekolahMenengahKejuruanKotaMalang.ProgramStudiPendidikanKejuruanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SyarifSuhartadiM.Pd(II)Dr.MuladiS.T.M.T.Katakuncikurikulum2013kegiatanpembelajaranguruSMKsiswaSMKKegiatanpembelajarandalamKurikulum2013menekankanpadadimensipedagogikmoderndalampembelajaranyaitumenggunakanpendekatanilmiah.Pendekatanilmiah(scientificapproach)dalampembelajaransebagaimanadimaksudmeliputimengamatimenanyamengumpulkaninformasimengolahdanmengkomunikasikan.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiimplementasiKurikulum2013ditinjaudarikegiatanpembelajaran.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatifuntukmengetahuiimplementasiKurikulum2013padaprosespembelajaranyangditinjaudarigurudansiswaPaketKeahlianTeknikKomputerdanJaringanpadaSekolahMenengahKejuruanKotaMalang.Kegiatanpembelajaranyangditinjaumeliputiperencanaanpembelajaranpelaksanaanpembelajarandanevaluasipembelajaran.Populasidansampeldalampenelitianiniadalahgurudansiswa.Instrumendalampenelitianiniadalahangketsemiterbuka.Analisisdatamenggunakanstatistikdeskriptifdenganrumuspersentase.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemahamangurutentangperencanaanpembelajaranberbasisKurikulum2013masukdalamkategorisangatbaikdenganpersentasesebesar8664%.inidibuktikandarikemampuangurudalammenyusunsilabusdanrencanapelaksanaanpembelajaranmenyusunprogramsemesterdanprogramtahunandanjugadalampenguasaanpenyusunanmateridanmediapembelajaran.PemahamangurutentangpelaksanaanpembelajaranberbasisKurikulum2013masukdalamkategorisangatbaikdengannilaipersentasesebesar8650%.Initerlihatdarikemampuangurudalamhalpenguasaankelasdanpenyampaianpembelajaranpenguasaanpenggunaanmediapembelajaranpenguasaanstrategimetodedanmodelpembelajarandanjugadalampenguasaanpenilaian.UntukpemahamangurutentangevaluasipembelajaranberbasisKurikulum2013masukdalamkategoribaikdengannilaipersentasesebesar8229%.Halinidapatdibuktikandarikemampuangurudalamhalmelakukanpendekatanautentik.SedangkanuntukhasilpenelitianyangditinjaudaripersepsisiswatentangpelaksanaanpembelajaranberbasisKurikulum2013yangdilakukanolehgurumenunjukkankategoriyangcukupbaikdengannilaipersentasesebesar7237%.Halinidapatdilihatdarisiswayangcukupaktifdalammelakukanpengamatan(observasi)aktivitasbertanyaaktivitasmengumpulkaninformasiaktivitasmengolahinformasidanmenyimpulkanpembelajaranyangsudahdiajarkandalamkelas.UntukpersepsisiswatentangevaluasipembelajaranberbasisKurikulum2013yangdilakukanolehgurumasukdalamkategoribaikdengannilaipersentasesebesar7582%.HalinidapatdibuktikandarigurumelakukanevaluasipembelajaranberbasisKurikulum2013gurumemberikanfeedbackdanremidialpadasiswadalamevaluasipembelajaran.