Pengaruh model pembelajaran Training Within Industry (TWI) dan pengalaman praktik kerja industri terhadap motivasi serta kesiapan kerja bidang teknik bubut siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan se-kabupaten Gresik / Tulus Budi Hartoyo
Main Author: | Hartoyo, Tulus Budi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61963/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHartoyoTulusBudi.2016.PengaruhModelPembelajaranTrainingWithinIndustry(TWI)danPengalamanPraktikKerjaIndustriterhadapMotivasisertaKesiapanKerjaBidangTeknikBubutSiswaSMKKompetensiKeahlianTeknikPemesinanSe-KabupatenGresik.TesisProgramStudiPendidikanKejuruanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.PembimbingIProf.Dr.MardjiM.KesPembimbingIIDr.AhmadDardiriM.Pd.KataKuncimodelTWIprakerinmotivasimasukduniakerjakesiapankerjaTujuanpendidikankejuruanadalahmempersiapkanlulusannyauntuksiapbekerjasesuaidengankompetensikeahliantertentu.Kesiapankerjaadalahkondisiyangmenggambarkansiswadapatlangsungbekerjasetelahlulustanpamemerlukanmasapenyesuaiandiripadaduniakerja.Lulusandikatakansiapkerjajikamemilikikemampuanhardskilldansoftskillyangseimbang.Untukmengetahuikesiapantersebutdalampenelitianiniakandikaji(1)pengaruhsecarasimultandanparsialmodelTrainingWithinIndustry(TWI)danpengalamanpraktikkerjaindustriterhadapmotivasimasukduniakerja(2)pengaruhsecarasimultandanparsialmodelTWIpengalamanpraktikkerjaindustridanmotivasimasukduniakerjaterhadapkesiapankerjabidangteknikbubutsiswaSMK.PenelitianinidikategorikansebagaiexplanatoryresearchyangbersifatnonexperimentaldenganrancanganCrosssectionalex-postfacto.Populasidalampenelitiansebanyak462siswa.Sampeldalampenelitianiniberjumlah214siswayangditetapkansecaraproporsionalrandomsampling.Pengumpulandatamenggunakanteknikkuesionerdandokumentasi.Teknikanalisisdatadigunakananalisisjalur(pathanalysis)dengansignifikasi005.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)terdapatpengaruhsignifikansecarasimultanantaramodelpembelajaranTWIdanpengalamanpraktikindustrikerjaterhadapmotivasimasukduniakerja(2)terdapatpengaruhsignifikanantaramodelpembelajaranTWIterhadapmotivasimasukduniakerja(3)terdapatpengaruhsignifikanantarapengalamanpraktikkerjaindustriterhadapmotivasimasukduniakerja(4)terdapatpengaruhsignifikansecarasimultanantaramodelpembelajaranTWIpengalamanpraktikkerjaindustridanmotivasimasukduniakerjaterhadapkesiapankerja(5)tidakterdapatpengaruhsignifikanantaramodelpembelajaranTWIterhadapkesiapankerja(6)terdapatpengaruhsecarasignifikanantarapengalamanpraktikkerjaindustriterhadapkesiapankerja(7)terdapatpengaruhsecarasignifikanantaramotivasimasukduniakerjaterhadapkesiapankerjabidangteknikbubutsiswaSMK.