Kontribusi kinerja mengajar guru dan kepuasan belajar terhadap motivasi berprestasi serta ketercapaian kompetensi jaringan dasar siswa SMK Negeri di Kota Malang / Khoirudin Asfani

Main Author: Asfani, Khoirudin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/61961/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAsfaniKhoirudin.2016.KontribusiKinerjaMengajarGurudanKepuasanBelajarterhadapMotivasiBerprestasisertaKetercapaianKompetensiJaringanDasarSiswaSMKNegeridiKotaMalang.TesisProgramStudiPendidikanKejuruanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.HarySuswantoS.T.M.T.(2)AjiPrasetyaWibawaS.T.M.MT.Ph.D.KatakuncikepuasanbelajarmotivasiberprestasikompetensikinerjamengajarguruKriteriakelulusanseorangsiswadapatdilihatdarikompetensiyangtelahdicapainya.Penguasaankompetensisiswadiukurdenganmelihatbagaimanasiswatersebutmelakukantugassesuaikeahliannya.Siswayangberkompetendapatdipengaruhiolehbanyakfaktor.Faktor-faktortersebutdapatberasaldarigurusebagaipengajarsiswasebagaipelajardanlingkungansebagaipendukung.PenelitianinibertujuanuntukmengungkapkontribusidaribeberapafaktoryangmempengaruhipencapaiankompetensisiswadiSMK.Diantarafaktor-faktortersebutyangdipilihuntukditelitiadalahkinerjamengajargurukepuasanbelajardanmotivasiberprestasisiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifuntukmengetahuikontribusivariabelkinerjamengajargurudankepuasanbelajarsiswaterhadapmotivasiberprestasisertaketercapaiankompetensijaringandasarsiswa.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXpaketkeahlianTeknikKomputerJaringan(TKJ)SMKNegeridiKotaMalangyangberjumlah1097siswa.Sebanyak6SMKdaripopulasidipilihsebagaisekolahobjekpenelitiandengantotalsiswamencapai696.Jumlahsampelyangterpilihberdasarkanteknikproporsionalrandomsamplingadalah232siswa.Pengumpulandatapenelitianinimenggunakaninstrumenberupaangketuntuksiswadandokumentasinilaiuntukguru.Analisisdatapenelitianinimenggunakananalisisjalur.Hasildaripenelitianiniadalah(1)kinerjamengajargurumemiliki136%kontribusi(koefisien9460369)yangsignifikanterhadapmotivasiberprestasisiswa(2)kepuasanbelajarmemiliki49%kontribusi(koefisien9460222)yangsignifikanterhadapmotivasiberprestasisiswa(3)kinerjamengajargurumemiliki57%kontribusi(koefisien9460239)yangsignifikanterhadapketercapaiankompetensijaringandasarsiswa(4)kepuasanbelajarmemiliki102%kontribusi(koefisien9460320)yangsignifikanterhadapketercapaiankompetensijaringandasarsiswadan(5)motivasiberprestasimemiliki12%kontribusi(koefisien9460346)yangsignifikanterhadapketercapaiankompetensijaringandasarsiswa.