Kontribusi kinerja mengajar guru dan kepuasan belajar terhadap motivasi berprestasi serta ketercapaian kompetensi jaringan dasar siswa SMK Negeri di Kota Malang / Khoirudin Asfani
Main Author: | Asfani, Khoirudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61961/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAsfaniKhoirudin.2016.KontribusiKinerjaMengajarGurudanKepuasanBelajarterhadapMotivasiBerprestasisertaKetercapaianKompetensiJaringanDasarSiswaSMKNegeridiKotaMalang.TesisProgramStudiPendidikanKejuruanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.HarySuswantoS.T.M.T.(2)AjiPrasetyaWibawaS.T.M.MT.Ph.D.KatakuncikepuasanbelajarmotivasiberprestasikompetensikinerjamengajarguruKriteriakelulusanseorangsiswadapatdilihatdarikompetensiyangtelahdicapainya.Penguasaankompetensisiswadiukurdenganmelihatbagaimanasiswatersebutmelakukantugassesuaikeahliannya.Siswayangberkompetendapatdipengaruhiolehbanyakfaktor.Faktor-faktortersebutdapatberasaldarigurusebagaipengajarsiswasebagaipelajardanlingkungansebagaipendukung.PenelitianinibertujuanuntukmengungkapkontribusidaribeberapafaktoryangmempengaruhipencapaiankompetensisiswadiSMK.Diantarafaktor-faktortersebutyangdipilihuntukditelitiadalahkinerjamengajargurukepuasanbelajardanmotivasiberprestasisiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifuntukmengetahuikontribusivariabelkinerjamengajargurudankepuasanbelajarsiswaterhadapmotivasiberprestasisertaketercapaiankompetensijaringandasarsiswa.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXpaketkeahlianTeknikKomputerJaringan(TKJ)SMKNegeridiKotaMalangyangberjumlah1097siswa.Sebanyak6SMKdaripopulasidipilihsebagaisekolahobjekpenelitiandengantotalsiswamencapai696.Jumlahsampelyangterpilihberdasarkanteknikproporsionalrandomsamplingadalah232siswa.Pengumpulandatapenelitianinimenggunakaninstrumenberupaangketuntuksiswadandokumentasinilaiuntukguru.Analisisdatapenelitianinimenggunakananalisisjalur.Hasildaripenelitianiniadalah(1)kinerjamengajargurumemiliki136%kontribusi(koefisien9460369)yangsignifikanterhadapmotivasiberprestasisiswa(2)kepuasanbelajarmemiliki49%kontribusi(koefisien9460222)yangsignifikanterhadapmotivasiberprestasisiswa(3)kinerjamengajargurumemiliki57%kontribusi(koefisien9460239)yangsignifikanterhadapketercapaiankompetensijaringandasarsiswa(4)kepuasanbelajarmemiliki102%kontribusi(koefisien9460320)yangsignifikanterhadapketercapaiankompetensijaringandasarsiswadan(5)motivasiberprestasimemiliki12%kontribusi(koefisien9460346)yangsignifikanterhadapketercapaiankompetensijaringandasarsiswa.