Kesiapan memasuki dunia usaha/dunia industri (DU/DI) siswa SMK paket keahlian rekayasa perangkat lunak di Kota Batu / Agung Panji Sasmito
Main Author: | Sasmito, Agung Panji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61925/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSasmitoAgungPanji.2015.KesiapanMemasukiDuniaUsaha/DuniaIndustri(DU/DI)SiswaSMKPaketKeahlianRekayasaPerangkatLunakdiKotaBatu.TesisProgramStudiPendidikanKejuruanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.DjokoKustonoM.Pd.Pembimbing(II)Dr.SyaadPatmantharaM.Pd.KatakuncipendidikankejuruankesiapankerjaSMKRekayasaPerangkatLunakKotaBatumengalamimasalahketerserapantenagakerjalulusanSMK.BerdasarkanobservasiawalpenelitianyangdilaksanakanolehpenelitidiperolehdatalulusanSMKpaketkeahlianRekayasaPerangkatLunak(RPL)diKotaBatuyangterserapkerjakeDU/DIhanyasebesar4915%.SalahsatufaktorpenyebabrendahnyaketerserapanlulusanSMKkeduniakerjaadalahrendahnyakualitasSumberDayaManusia(SDM).TerdapatduabuahkompetensiSDMcalontenagakerjayangdibutuhkanolehDU/DIyaitu(1)kompetensispesifik(hardskill)dan(2)kompetensigeneral(softskill).Hardskillmeliputi(1)penguasaanmatapelajaranproduktifdan(2)relevansiPrakerin.Softskillmeliputi(1)motivasiuntukbekerjadan(2)minatkerja.SeluruhkompetensitersebutdidugaberkontribusiterhadapkesiapansiswauntukbekerjadiDU/DIselepaslulusdariSMK.Padapenelitianinidikajikontribusiantaravariabelpenguasaanmatapelajaranproduktif(9581)relevansiPrakerin(9582)danmotivasikerja(9583)terhadapminatkerja(9511)dankesiapansiswaSMKpaketkeahlianRPLdiKotaBatudalammemasukiDU/DI(9512).Rancanganpenelitianadalahpenelitiansurveiyangdilakukanpada56siswakelasXIISMKpaketkeahlianRPLdiKotaBatu.Pengumpulandatavariabel9581menggunakandokumentasisedangkan958295839511dan9512menggunakankuesioner.BesarkontribusidarihubungankausalantarvariabellatendianalisisdenganmetodePartialLeastSquare(PLS).Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwa(1)9581berkontribusisignifikanterhadap9511(2)9582berkontribusisignifikanterhadap9511(3)9583berkontribusisignifikanterhadap9511(4)9581tidakberkontribusisignifikanterhadap9512(5)9582berkontribusisignifikanterhadap9512(6)9583berkontribusisignifikanterhadap9512dan(7)9511berkontribusisignifikanterhadap9512.Bertitiktolakkepadahasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa(1)penguasaanmatapelajaranproduktifrelevansiPrakerindanmotivasikerjasiswadapatmeningkatkanminatkerjasiswa(2)penguasaanmatapelajaranproduktifdapatmeningkatkankesiapansiswadalammemasukiDU/DIakantetapipeningkatannyatidakberkontribusisignifikansecarastatistikdan(3)relevansiPrakerinmotivasikerjadanminatkerjadapatmeningkatkankesiapansiswadalammemasukiDU/DI.