Integrasi TIK dalam pembelajaran pada Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Kota Malang / Retno Indah Rokhmawati

Main Author: Rokhmawati, Retno Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/61888/
Daftar Isi:
  • RokhmawatiRetnoIndah.2014.IntegrasiTIKdalamPembelajaranpadaProgramStudiKeahlianTeknikKomputerdanInformatikadiSMKKotaMalang.TesisPendidikanKejuruanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuladiS.T.M.T.(II)Dr.M.AlfianMizarM.P.KataKunciintegrasiTIKSMKpembelajaran.1228812288122881228812288122881228812288TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikantingkatintegrasiTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)dalampembelajaranyangdilihatdaribeberapaaspekdiantaranyaketerampilanTIKguruterkaitintegrasiTIKdalampembelajaranketerampilanTIKterkaitintegrasiTIKdalampembelajaraninfrastrukturdanfasilitasTIKdukungandankebijakanterkaitintegrasiTIKdalampembelajarandandukungandanaterkaitintegrasiTIKdalampembelajaran.KemudianrekomendasidiberikanpadaSMKsebagaifeedbackuntukmencapailevelintegrasiselanjutnya.12288122881228812288Rancanganpenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatif.Sampelpenelitianiniterdiridari249siswa40guru3WakilKepalaSaranadanPrasarana(WakaSarpras)2WakilKepalaKurikulum(WakaKurikulum)dan3KepalaSekolahdariSMKyangmengintegrasikanTIKdalampembelajaran.Penelitianinimerupakanstudisurveidanmenggunakanteknikpengumpulandataberupakuisionerwawancaradokumentasidanobservasi.12288122881228812288Penelitianinimenggunakantarafsignifikansisebesar005.Berdasarkanhasilpenelitianinimenunjukkanrata-ratatotalvariabelKeterampilanTIKGurusebesar309dariskalamaksimal4yangberartiguruSMKse-KotaMalangberadapadalevelinfusing(level3)rata-ratatotalvariabelKeterampilanTIKSiswasebesar277dariskalamaksimal4yangberartisiswaSMKse-KotaMalangberadapadalevelinfusing(level3)rata-ratatotalvariabelInfrastrukturdanFasilitasTIKsebesar286dariskalamaksimal4yangberartilevelinfrastrukturdanfasilitasTIKdiSMKse-KotaMalangtermasuklevelinfusing(level3)rata-ratavariabelKebijakandanDukungansebesar304dariskalamaksimal4yangberartikebijakandandukunganuntukmengintegrasikanTIKdiSMKse-KotaMalangtermasuklevelinfusing(level3)danrata-ratavariabelPendanaansebesar205dariskalamaksimal4yangberartipendanaanuntukmengintegrasikanTIKdalampembelajarandiSMKse-KotaMalangtermasuklevelapplying(level2).12288122881228812288BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankankepadaDinasPendidikanKotaMalangbahwaperluadanyakebijakanyangmengaturintegrasiTIKdalampembelajaran.SMKmemerlukandukunganpendanaandandukunganberupastandarintegrasiTIK.SelainituperluadanyastandarpelatihangurudalamupayameningkatkankemampuangurudalammengintegrasikanTIK.