Pemetaan kompetensi, sikap, tanggung jawab, dan jumlah jam guru bersertifikat pendidik dalam mengelola pembelajaran di SMK se- Malang Raya / Hari Amanto
Main Author: | Amanto, Hari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61835/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPemetaanKompetensiSikapTanggungjawabJumlahjammengelolapembelajaranGurumerupakanfaktordominandalamusahameningkatkanmutupendidikan.Gurumemilikiperanstrategisdalambidangpendidikanbahkansumberdayayanglainkurangberartijikakompetensitidakmemadaisikapdantanggungjawabgurutidakdimiliki.Dengankatalaingurumerupakanujungtombakdalamupayapeningkatankualitaspendidikanuntukitukualitasguruharusditingkatkandalamupayapeningkatansumberdayamanusia.BerdasarkandatapadaRencanaStrategisDepartemenPendidkanNasional2005-2009diungkapkanuntukSMKjumlahguruyanglayakmengajarsesuaidengankompetensinyaadalah567%sehinggamasihada433%yangtidaklayak.DaridatakelayakanmengajarguruSMKyangmengelolapembelajaranrata-ratakurangdari24jampermingguadalah57%.MenurutUndang-UndangRepublikIndonesiaNomor20Tahun2003Bab.XVIPasal61ayat(3)sertifikatkompetensidiberikanolehpenyelenggarapendidikandanlembagapelatihankepadapesertadidikdanwargamasyarakatsebagaipengakuanterhadapkompetensipedagogikprofesionalkepribadiandansosialsikapdanpengetahuanuntukmelakukanbebanpekerjaantertentusetelahlulusujikompetensiyangdiselenggarakanolehsatuanpendidikanyangterakreditasiolehlembagasertifikasi.PenelitianinibertujuanuntukmengungkapdanmendidskripsikanprofilkompetensisikaptanggungjawabdanjumlahjammengelolapembelajaranpadaSMKse-MalangRayaProfilkompetensiyangterdiridari1)kompetensipedagogik2)kompetensikepribadian3)kompetensisosial4)kompetensiprofessional.ProfilSikapyangterdiridari1)sikapkognitif2)sikapafektif3)sikapkonatifdantanggungjawabsertaprofiljammengelolapembelajaran.Jumlahresponden217yangberadapadaSMKNse-MalangRaya.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatifmetodeyangdigunakantekniksamplingdengansubyekpenelitiangurubersertifikatpendidikSMKNse-MalangRaya.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembarpengamatanlembarangketdanstudidokumentasi.DatadianalisisdenganpersentaseHasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)ProfilKompetensiPedagogikgurubersertifikatpendidikmean5917danpersentase7393%masukkategoriKompeten(2)profilkompetensikepribadianmean4270danpersentase7117%termasukkategorikompeten(3)profilkompetensiSosialdenganmean2760danpersentase6899%termasukkategorikompetendan(4)ProfilKompetensiProfesionalmean6362danpersentase7069%termasukkategorikompeten(5)UntukSikapKognitifmean1587danpersentase7933%termasukkategoribaik(6)SikapAfektifmean2150danpersentase7149%masukkategorisangatbaik(7)SikapKonatifmean474654danpersentase8599%memenuhikriteriakategoribaik(8)UntukProfilTanggungjawabmelaksanakanpengembangankurikulummean3050danpersentase8715%memenuhikriteriakategoritinggi(9)melaksanakanpembelajaranmean5577danpersentase8580%termasukkategoritinggi(10)membimbingsiswamean2191danpersentase8763%termasukkategoritinggi(11)sedanguntukJumlahJamMengelolaPembelajaran130respondenmenunjukanpersentase6802%gurubersertifikatpendidikmasukkatagorimemenuhistandardan87respondenmenunjukanpersentase3198%masukkategorimelebihi.IniberartibahwagurubersertifikatpendidikSMKNegerise-MalangRayasesuaidenganstandaryangdipersyaratkanditinjaudariPeraturan-PemerintahNo.74tahun2008tentangGuru.Dapatdisarankanbagiparagurubersertifikatpendidikse-MalangRayauntukgurusupayaberusahameningkatkankompetensisikaptanggungjawabdanjumlahjammengelolapembelajaransehinggadapatmempertahankansertifikatpendidikyangdiperolehnyadanmeningkatkankualitasprosesbelajarmengajar.Bagipimpinansekolahperlumelakukanpemetaandarihasilprofilkompetensiyangsudahkatagorikompetenprofilsikapyangsudahkatagoribaikprofiltanggungjawabyangkatagoritinggidanjumlahjammengelolapembelajarankatagorimemenuhisupayadipertahankandanditingkatkankejenjangyanglebihdiatasnya.BagiDinasPendidikandalamperencanaanpengembangangurubersertifikatpendidiksupayamengacukebutuhandarihasilevaluasidirisekolahsehinggaguru-guruyangdirencanakandikembangkanmelaluidiklatataupunmelaluipendidikanformalkejenjanglebihtinggisesuaiharapandalamsekolah.