Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student teams achievement division) untuk meningkatkan interaksi dalam proses dan hasil belajar mengajar mengefrais roda gigi lurus pada siswa kelas XII SMK Pekerjaan Umum Malang / Muhamad Hariyanto

Main Author: Hariyanto, Muhamad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/61824/
Daftar Isi:
  • TesisProgramStudiPendidikanKejuruanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.AmatMukhadisM.Pd.(II)Drs.H.IsnandarM.T.KatakuncipembelajaranSTADrodagigilurusinteraksipembelajaranhasilbelajarSMK.Permasalahanpokokdalampenelitianiniadalahmasihrendahnyainteraksisiswadalamprosespembelajaranmengefraisrodagigilurus.Metodepembelajaranyangdigunakanmasihberorientasipadagurudanbelummampumerangsangsiswauntukterlibataktifdalamprosespembelajaran.Sebagianbesarsiswamengalamikesulitandalampenyelesaianperhitunganrodagigilurusdanmengaplikasikanhasilperhitungantersebutpadakegiatanpraktikpembuatanrodagigilurus.PencapaianhasilbelajarsiswabelummenunjukkanhasilyangoptimalHalinidibuktikandenganperolehannilairata-ratauntuksetiapkompetensidasarpadatahunpelajaran2008/2009yakni695658dan648dimananilaitersebutmasihdibawahkriteriaketuntasanminimal(KKM)yangdisyaratkanuntukmatadiklatproduktifyaitu700(tujuhkomanol-nol).Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(ClassroomActionReaserch)denganpokokmasalahyaitubagaimanacarameningkatkaninteraksisiwadalamprosespembelajaranagarhasilbelajarnyaikutmeningkat.SolusiyangdilakukanmelaluipenerapanpembelajarankooperatiftipeSTAD.Rancanganpenelitiantindakankelasdilaksanakansecarabersiklus.Masing-masingsiklusterdiriatastigasampaiempatkalipertemuan.Duasampaitigakalipertemuanuntukpelaksanaantindakandansatukalipertemuanuntukpemberiantes.Tesdilaksanakandiakhirsiklussecaraindividu.Jenistesyangdiberikanberupatestulis(uraian)dantespraktik(unjukkerja).SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIprogramkeahlianteknikpemesinanSMKPekerjaanUmumMalangyangberjumlah22siswa.Seluruhsiswadijadikansebagaisubjekpenelitiansehinggadarijumlahsiswayangadadapatdibagimenjadilimakelompok.Tiapkelompokberanggotakansiswadengankemampuanyangheterogen.Penelitiandilakukanpadasemesterganjiltahunpelajaran2009/2010.Intrumenpenelitiandibuatsendiriolehpenelititerdiriataslembarobservasisoaltesdanlembarangket.Pengumpulandatadilaksanakanselamaprosespembelajaranberlangsung.Sumberdatadiperolehdarisiswadanguru.Untukdatainteraksidalamprosespembelajarandiperolehdarihasilobservasisedangkandatahasilbelajardiperolehdenganmengolahdatahasiltestulis(uraian)untukaspekkognitiftespraktik(unjukkerja)untukaspekpsikomotorikdannilaisikapuntukaspekafektif.Selanjutnyadatatersebutdianalisissecaradeskriptifkuantitatif.KeberhasilanpemberiantindakandenganmelihatpresentasepencapaianpeningkataninteraksidalamprosespembelajarandannilaihasilbelajaryangdiukurberdasarkanindikatorkeberhasilanpembelajaranyangditentukanyaituuntuksiklusIsebesar80%siklusIIsebesar85%dansiklusIIIsebesar90%dengankriteriaketuntasanminimalyangdisyaratkanyaitu700(kategoricukup).Hasilpenelitianmenunjukkanadapeningkatanhasilbelajarmengefraisrodagigilurussecaraklasikalyangdinyatakankompetendengannilai8805700padatiap-tiapsiklus.SiklusIsebanyak11siswayangdinyatakankompetensiklusIIsebanyak16siswadansiklusIIImeningkatmenjadi20siswaatau909%.Perolehannilairata-ratasiswajugameningkat.SiklusInilairata-ratasiswasebesar722siklusIIsebesar747dansiklusIIImeningkatmenjadi783.Interaksisiswadalamprosespembelajaranjugamengalamipeningkatanpadasemuaaspekyangdiamati.Untukkeseriusansiswadalammengikutipembelajaranmenunjukkanbahwarata-ratasiswamemilikikeseriusandantanggungjawabatastugas-tugasyangdiberikanolehgurusertabersediamendengarkandanmencatathal-halpentingyangdisampaikanguru.KemampuansiswapadasaatbelajarkelompokjugameningkathalinitampakdariinteraksiantarsesamaanggotakelompokyangsangatbaikpadasaatmengerjakanLKS.Sedangkanuntukaspekkeaktifansiswadalampresentasimenunjukkanbahwasiswatelahmengalamipeningkatanyangcukupsignifikankarenasebagianbesarsiswamenunjukkankeberanianuntukbertanyamaupunmenjawabpertanyaanyangditujukankepadanyasertaaktifdalammengikutikegiatanpresentasi.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADmampumeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIIprogramkeahlianteknikpemesinanSMKPekerjaanUmumMalangdenganpencapaianindikatorkeberhasilanpembelajaransebesar909%(kategoribaiksekali/optimal)danterjadipeningkataninteraksiselamaprosespembelajaranberlangsung.