Pengembangan profesionalitas berkelanjutan guru bersertifikat pendidik di SMK Rumpun Teknologi se Malang Raya / Sujianto
Main Author: | Sujianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61819/ |
Daftar Isi:
- Tesis.ProgramStudiPendidikanKejuruanProgramPascasarjanaUniversitasMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AmatMukhadisM.Pd.(II)Drs.IsnandarM.T.Katakuncipengembanganprofesionalitasberkelanjutaninvestasipengembangandiripublikasiilmiahkaryainovatif.KeberadaanUndang-undangGurudanDosen(UUGD)telahmencatatsejarahbarudalamduniapendidikanmembenahifaktorkualitasgurusebagaifaktorpentingdalampeningkatanmutupendidikan.Kebijakangurusebagaiprofesimerupakanlangkahtransformatifuntukmengubahjabatangurusebagaiprofesiyangdapatmeningkatkanmutugurusecarasistemikdanberkelanjutan.Disampingmengaturperlindunganterhadaphak-hakguruUndang-undangGurujugamemberikanpeluangdanrangsanganberprestasibagigurudalammenjalankantugasnya.Diharapkanbahwapeningkatanmutuguruberlangsungsecaraberkelanjutansebagaifaktorkuncidalampeningkatanmutupendidikannasional.Olehsebabitudirasaperluterusmendorongparaguruuntukmeningkatkankompetensipascasertifikasi.SehubungandenganhaltersebutdiatasmakadirasakanperluadanyastudimengenaiPengembanganProfesionalitasBerkelanjutanpadaguruSekolahMenengahKejuruan(SMK)yangbersertifikatpendidik.Sehinggahasilpenelitianinidapatdijadikanbuktiempiriktentangkondisigurudalammendukungusahauntukmencapaipelaksanaansertifikasiguruyangefektif.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatifdengansubjekpenelitiangurukejuruanyangbersertifikatpendidikse-MalangRaya.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembarkuesioneryangberupaangketdanpedomanwawancara.Adapunhasilujicobatingkatvaliditasinstrumengurumenunjukkan8253%valid.Reliabilitasinstrumenmenunjukkan0952untuksubvariabelinvestasipengembangandirisecaramandiriberkelompokdanmelembaga0951untuksubvariabelpublikasiilmiahsecaramandiriberkelompokdanmelembaga0970untuksubvariabelkaryainovatifsecaramandiriberkelompokdanmelembaga.Selanjutnyadatadianalisisdenganteknikdeskriptifdenganmenggunakanformulapersentase.HasilpenelitianinimenunjukkankenyataanbahwapemberlakuanUUGurudanDosen(UUNomor14Tahun2005)diikutidengantunjanganprofesisebenarnyamemberikanharapanbesaruntukmenumbuhkanminatguruuntukselalumengembangkanprofesionalitasnyanamunkenyataanyatidakdemikian.PengembanganprofesionalitasberkelanjutangurubersertifikatpendidikdiSMKrumpunteknologise-MalangRayamelaluiinvestasipengembangandiri(secaramandiriberkelompokdanmelembaga)tergolongkategorirendahsebanyak6199%kategorisedangsebanyak2649%dankategoritinggisebanyak1162%artinyasebagianbesargurubersertifikatpendidikhanyadalamkategorikadang-kadangmelakukaninvestasipengembangandirimelaluidiklatfungsionalgurukegiatankolektifgurumelakukantindakanreflektifdanmemanfaatkanteknologiinformasidankomunikasi.PengembanganprofesionalitasberkelanjutangurubersertifikatpendidikdiSMKrumpunteknologise-MalangRayamelaluipublikasiilmiah(secaramandiriberkelompokdanmelembaga)tergolongkategorirendahsebanyak8906%kategorisedangsebanyak914%dankategoritinggisebanyak180%artinyasebagianbesargurubersertifikatpendidikhanyadalamkategorikadang-kadangmelakukanaktivitasmenelitidanmenulisyangdipublikasikandalambentukbukumajalahjurnalmodulataubukupedoman.PengembanganprofesionalitasberkelanjutangurubersertifikatpendidikdiSMKrumpunteknologise-MalangRayamelaluikaryainovatifsecaramandiriberkelompokdanmelembagatergolongkategorirendahsebanyak7941%kategorisedangsebanyak1489%dankategoritinggisebanyak569%artinyasebagianbesargurubersertifikatpendidikhanyadalamkategorikadang-kadangmelakukankaryainovatifdenganmenemukan/membuatteknologitepatgunamenemukan/menciptakankaryasenimembuat/memodifikasialatpelajaran/peraga/praktikumdanmengikutipengembanganpenyusunanstandarpedomanatausoal.Bertitiktolakdaritemuanpenelitianinibeberapasaranyangdiperkirakandapatmeningkatkanpartisipasigurubersertifikatpendidikdalampengembanganprofesionalitasberkelanjutanantaralain1)Gurubersertifikatpendidikperlusecaraberkelanjutandalammeningkatkankompetensisebagaiwujuddaritunjanganprofesiyangditerimadenganmemanfaatkanprogram-programpeningkatanprofesionalismegurumelaluiorganisasi/komunitaspendidikan(MGMP)forumilmiahgurudll.2)LembagaatausekolahperlumembuatprogrampengembanganprofesionalitasberkelanjutanbagigurumelaluiperencanaanyangmatangdanmasukdalamRAPBsekolahsepertiprogramacademyawarduntukgurudenganberbagaikategoripendampingandariuniversitasterdekatatauasosiasiprofesisupervisikinerjagurudenganmemasukkanaspekpengembanganprofesionalitasberkelanjutan.3)PemerintahmelaluidinaspendidikanbersamauniversitasyangmenerbitkansertifikatpendidikperlumembuatjamwajibbagigurubersertifikatpendidikuntukmelaksanakanpengembanganprofesionalitassebagaipendukungdariprogramsertifikasigurusepertidiklatberjenjangkuliahdenganSistemKreditSemester(SKS)ataumelaluipemberkasanportofoliopengembanganprofesionalitas.4)Bagipenelitiperludilakukanpenelitianlebihlanjutdenganvariabelfaktorpendukung(modelataualasangurubersertifikatpendidikbelummelaksanakanpengembanganprofesionalitasberkelanjutan)datayanglebihbanyakrespondenyangberasaldariberbagaiwilayahdandeskripsihasilpenelitianberdasarkanotoritaswilayah(KotadanKabupaten).