Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang melalui model Student Teams Achievment Divisions (STAD) kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Qusnul Cahyati Aisyah

Main Author: Aisyah, Qusnul Cahyati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/6181/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAisyahQusnulCahyati2016PeningkatanHasilBelajarMatematikaMelaluiModelStudentTeamsAchievmentDivisions(STAD)PadaKelasIVSDNPojok02KabupatenBlitarSkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Prof.Dr.H.M.ZainuddinM.Pd(2)Dra.Hj.SriMurdiyahM.PdKatakuncipeningkatanhasilbelajarmodelpembelajaranstudentteamsachievmentdivisions(STAD)HasilobservasidiSDNPojok02KabupatenBlitarmenunjukkangurutidakmenerapkanpembelajaranberkelompokdanberdampakpadahasilkerjasiswadimana16dari21siswadinyatakantidaklulusdalampembelajaranmatematika.OlehkarenaitudalampenelitianinimenggunakanmodelStudentTeamsAchievmentDivisions(STAD).ModelSTADmemilikikelebihanpembelajaransecaraberkelompokyangberpusatpadasiswa.Siswadapatmelakukandiskusidengankelompokuntukmemperolehhasilbelajaryangmeningkat.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridarisiklussiklusdengankomponenberupaperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaracatatanlapangandokumentasidenganinstrumenberupapedomanwawancaralembarobservasidanlembarcatatanlapangan.Sedangkandalamanalisisdatadilakukanlangkahberupareduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitiandiperolehdatasebagaiberikutnilairata-rataobservasiaktivitasgurupadasiklusIsebesar73%danmeningkatpadasiklusIIsebesar100%.Sedangkannilairata-rataobservasisiswapadasiklusIsebesar73%danmeningkatpadasiklusIIsebesar100%.Nilaihasilrata-ratasiswapadapratindakanadalah56denganketuntasanbelajarsebesar24%.SetelahdilaksanakansiklusInilairata-ratasiswameningkatmenjadi82denganketuntasanbelajarsebesar68%.SelanjutnyapadasiklusIInilairata-ratasiswameningkatmenjadi90denganketuntasanbelajarsebesar100%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelSTADpadamatapelajaranmatematikamateribangunruangsudahsangatbaikberjalandenganlancardansesuaidenganrancanganlangkah-langkahmodelSTAD.UntukitudisarankangurudapatmengembangkanmodelSTADpadamatapelajaranlainnyasiswahendaknyadapatsalingbertukarpendapatsaatbelajarkelompokdansekolahhendaknyamemberikanfasilitasyanglengkap.