Penerapan pembelajaran model problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan pemecahan masalah ilmu statika dan tegangan di SMKN 1 Singosari / Sumarji

Main Author: Sumarji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/61771/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSumarji.2009.PenerapanPembelajaranModelProblem-BasedLearning(PBL)untukMeningkatkanMotivasidanKemampuanPemecahanMasalahIlmuStatikadanTegangandiSMKNISingosari.TesisProgramStudiPendidikanKejuruanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.DwiAgusSudjimatST.M.Pd.(II)Drs.BambangWidartaM.TKatakunciPBLmotivasikemampuanpemecahanmasalahStatikadanTeganganPendidikanadalahusahasadardanterencanauntukmewujudkansuasanabelajaragarpesertadidiksecaraaktifmengembangkanpotensidirinyasehinggamemilikikepribadiankecerdasandanketerampilan.OlehkarenaitudiperlukanmodelpembelajaraninovatifyangberorientasikonstruktivistiksalahsatunyaadalahpenerapanpembelajaranmodelPBL.ModelPBLinimerupakanpembelajarandalamkelasdimanasiswaterlebihdahulumengamatisuatufenomenamencatatkasusyangmunculdangurumerangsangsiswaagarberpikirkritis.IdekritisitukemudianditerapkandalampemecahanmasalahIlmuStatikadanTeganganyangdihadapi.PermasalahanyangmendasardikelasXTKB1yaitumotivasidankemampuansiswasaatinimasihrendahmodelpembelajarannyamenggunakanmetodeceramahpembelajarankurangmenarikdangurudianggapsebagaisegalasumberilmu.SebagiansiswasalahkonsepkurangmampumemecahkanmasalahIlmuStatikadanTegangan.Persentasesiswayangmencapaistandarketuntasanminimal(SKM)hanya30%dengannilairata-rata4875makaperludilakukantindakan.Penelitiantindakankelas(PTK)inibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidankemampuanpemecahanmasalahIlmuStatikadanTegangandikelasXTKB1SMKN1SingosarimelaluipembelajaranmodelPBL.PTKdilaksanakandalamduasiklussetiapsiklustigakalipertemuandansetiappertemuan4x45menitsesuaijadwaldisekolah.Setiapsiklusadaempattahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.HasilrefleksisiklusIsebagaidasaruntukmenyusunperencanaansiklusII.PTKberlangsungmulai02Desember2008s.d17Pebruari2009.SebagaisubjeknyaadalahMataPelajaranIlmuSetatikadanTegangansertasiswakelasXTKB1SMKN1SingosaripadaTahunAjaran2008/2009.KesimpulanhasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasidankemampuanpemecahanmasalahMatapelajaranIlmuStatikadanTeganganmengalamipeningkatanyangsignifikandarisiklusIkesiklusII.PenerapanmodelPBLiniterbuktiefektifdapatmeningkatkanmotivasidankemampuansiswadalampemecahanmasalahIlmuStatikadanTegangandikelasXTKB1SMKN1Singosari.Penulismenyarankanbahwahasilpenelitianinidapatdimanfaatolehgurumaupunmasyarakatpendidiksebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaraninovatifyangkonstruktivistik.ModelPBLiniefektifditerapkanpadaMataPelajaranDasarKejuruandanMataPelajaranProduktif.