Peningkatan hasil belajar matematika bilangan pecahan melalui model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung / Roziana Irfa
Main Author: | Irfa, Roziana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6177/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIrfaRoziana.2016.PeningkatanHasilBelajarMatematikaBilanganpecahanMelaluiModelNumberedHeadsTogether(NHT)SiswaPadaKelasIVSDN1SukorejoWetanKabupatenTulungagung.SkripsiJurusanKe-pendidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramS1PendidikanGuruSekolahDasar.DosendanPembimbing(I)Prof.Dr.H.M.ZainuddinM.Pd(II)Dra.WidayatiM.HKatakuncihasilbelajarbilanganpecahanmodelnhtBerdasarkanobservasiawalyangdilakukandikelasIVSDN1SukorejoWetanKabupatenTulungagungmenunjukkanbahwahasilbelajarsebagiansiswamasihrendahhalinibisadilihatdari17siswasebanyak10siswa(59%)yangbelumtuntasbelajardanhanya7siswa(41%)yangtuntasbelajar.Haltersebutmenunjukkanbahwasiswakurangmemahamimateripelajaran.Padasaatbelajarkelompoksiswayangpandaicenderungegoisdantidakmaumembantutemanyangkesulitan.Banyaksiswayangdiamterlihatbosandanramaisendiri.Sehinggahasilbelajarnyakurangbaik.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuimendeskripsikanpenerapanmodelNHTpadamatapelajaranmatematikamateribilanganpecahandanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarpadamatapelajaranmatematikabilanganpecahansiswakelasIVSDN1SukorejoWetanKabupatenTulungagungmelaluimodelNHT.PenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdanjenispenelitianyangdigunakanadalahPTKyangterdiridariduasiklus.Tiapsiklusdilaksanakandengantahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatadilakukandengantesobservasidokumentasiwawancaradancatatanlapangan.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIV.Dalampenelitianinipenelitisebagaigurudangurukelassebagaiobserver.Hasilpenelitiandiperolehdatasebagaiberikutnilairata-rataobservasiaktivitasgurudansiswasetiappertemuanmengalamipeningkatan.Sedangkandarinilairata-ratakelasdaripratindakansiklusIkemudiansiklusIIyangmengalamipeningkatan.Padapratindakannilairata-rataklasikalsebesar49denganpersentaseketuntasan41%.PadasiklusIpertemuan1nilairata-rataklasikal65denganpersentaseketuntasan41%.PadasiklusIpertemuan2nilairata-rataklasikalmeningkatmenjadi75denganpersentaseketuntasan78%.PadasiklusIIpertemuan1nilairata-rataklasikalmeningkatmenjadi87denganpersentaseketuntasan100%.PadasiklusIIpertemuan2nilairata-rataklasikalmeningkatmenjadi98denganpersentaseketuntasan100%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelNHTpadamatapelajaranmatematikamateribilanganpecahansudahsangatbaikberjalandenganlancardansesuaidenganrancanganlangkah-langkahmodelNHT.UntukitudisarankangurudapatmengembangkanmodelNHTpadamatapelajaranlainnyasiswahendaknyadapatsalingbertukarpendapatsaatbelajarkelompokdansekolahhendaknyamemberikanfasilitasyanglengkap.