Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas belajae siswa tema Indahnya Negeriku kelas IV semester 2 di SDN Nguling 1 Kabupaten Pasuruan / Musdalifah Mithasari
Main Author: | Mithasari, Musdalifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6174/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMithasariMusdalifah.2016.PenerapanModelPembelajaranMakeAMatchuntukMeningkatkanAktivitasBelajarSiswaTemaIndahnyaNegerikuKelasIVSemester2diSDNNguling1KabupatenPasuruan.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SukamtiM.Pd(II)Dr.IMadeSuardanaS.Pd.M.Pd.KatakunciMakeAMatchAktivitasBelajar.PembelajarantematikterpadudikelasIVSDNNguling1masihberpusatpadaguru.Gurumendominasipembelajarandenganceramahdansiswahanyamelakukankegiatanmembacamendengarkandanmenulistanpaaktifmelakukankegiatanlainuntukmemperolehpengetahuan.HaltersebutmengakibatkansiswamerasabosankarenasuasanapembelajarantidakmemberikankesanmenyenangkanapalagiuntukmateripadatemaIndahnyaNegerikuyangbersifathafalanmembuatmerekakurangbersemangatmengikutipembelajaran.MasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranMakeAMatchyangditerapkanpadatemaIndahnyaNegeriku.KemudianbagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranMakeAMatchuntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadatemaIndahnyaNegeriku.RancanganyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmodelsiklusKemmisdanMCTaggartyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Penelitianinidilaksanakandalam2sikluspadatemaIndahnyaNegerikusubtemaIndahnyaPeninggalanSejarahdengansubjekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNNguling1yangberjumlah38siswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwanilaipenerapanmodelpembelajaranMakeAMatchuntukkeberhasilanpenyusunanRPPsudahmendapatkannilaimaksimalyaitu100%sedangkankeberhasilantindakangurumeningkatdarinilairata-ratasebesar9473%menjadi100%padasiklusII.Akivitasbelajarsiswameningkatdarinilairata-ratasebesar5895%disiklusImenjadi7944%disiklusII.BerdasarkanuraiandiataspenelitimemberikankesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajaranMakeAMatchdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswatemaIndahnyaNegerikukelasIVSDNNguling1.Penelitijugamemberikansaranagarmodelpembelajaraninidapatdipertimbangkanuntukditerapkanpadapembelajarantematikterpadukhususnyapadamateriyangcenderungbersifathafalansebagaisalahsatualternatifdalammemilihdanmenggunakanmodelpembelajaranyangsesuaiuntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.