Peningkatan hasil belajar kegiatan ekonomi melalui model student team achievement divisions diu kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Bliitar / Pramesti Arimbi Putri
Main Author: | Putri, Pramesti Arimbi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6172/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPutriPramestiArimbi.2016.PeningkatanHasilBelajarIPSmelaluiModelStudentTeamAchievementDivisionsdiKelasIVSDNPojok02KabupatenBlitar.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasardanPrasekolahFIPUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Drs.HHadiMustofaM.Pd(2)Dr.AlifMudionoM.Pd.KatakuncipeningkatanhasilbelajaripsmodelStudentTeamAchievementDivisionsBerdasarkanobservasipadapembelajaranIPSkelasIVSDNPojok02KabupatenBlitardiketahuibahwa(1)gurutidakmembuatRPPdanLKS(2)gurutidakmenerapkanmodelpembelajaran(3)kegiatanpembelajarandidominasiguru(4)siswakurangaktifdalamkegiatandiskusi(5)siswabelajarhanyadaripenjelasanguru(6)siswaramaisaatgurumenjelaskanmateridan(7)kelompokyangsudahselesaimengerjakanLKSmembuatgaduhdampaknyadari21siswahanya5siswayangmencapaiKKM.Tujuanpenelitianiniyaitu(1)mendesripsikanpenerapanmodelStudentTeamAchievementDivisionspadapembelajaranIPSdenganmaterikegiatanekonomidan(2)memaparkanpeningkatanhasilbelajarIPSdenganmaterikegiatanekonomimelaluimodelStudentTeamAchievementDivisions.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandenganduasiklustiapsiklusterdiridaritahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Teknikpengumpulandatayaituobservasitesdokumentasidancatatanlapangan.Instrumenpenilaianyangdigunakanberupapedomanobservasidansoaltesformatif.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelStudentTeamAchievementDivisionsmembuatsiswalebihaktifDibuktikandenganrata-ratahasilbelajarpratindakan6977siklusIadalah7626dansiklusIIadalah7964.Ketuntasanbelajarklasikalpadapratindakansebesar2380%siklusIsebesar5237%dengankriteriakurangdansiklusIImencapai8290%dengankriteriabaik.KesimpulanpenelitianiniyaitupenerapanmodelStudentTeamAchievementDivisionsdapatmeningkatkanaktivitasgurudansiswasertadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.DisarankangurumenerapkanmodelStudentTeamAchievementDivisionspadapembelajaranIPSdenganmaterikegiatanekonomiagarsiswamendapatkanhasilbelajaryangmaksimaldantujuanpembelajarantercapai.8195