Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas V sekolah dasar / Fahma Alfiana

Main Author: Alfiana, Fahma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/6150/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAlfianaFahma.2016.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)BerbasisPendekatanSaintifikPadaSiswaKelasVSekolahDasar.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DimyatiS.Pd.M.Pd(II)Dra.Hj.SukamtiM.Pd.KataKuncilembarkegiatansiswapendekatansaintifikSekolahDasarLembarKegiatanSiswa(LKS)merupakanlembaran-lembaranberisitugasyangdiberikanpadasiswagunamencapaitujuanpembelajaran.BerdasarkanhasilanalisiskebutuhandiSDNBunulrejo1MalangditemukanfaktabahwagurubelummenggunakanLKSselamapembelajaranpadasemesterGenapterutamauntukmateriIPAyangmembutuhkankegiatanpercobaan.LKSpadasemesterGanjillebihbanyakdigunakanuntukmemberitugasrumahdanisinyabelummemenuhikriteriasaintifik.TidaksemuagurudapatmengembangkanLKSsendiri.PenelitianinimengembangkanLKSberbasispendekatansaintifik.TujuanpenelitianiniuntukmenghasilkanLKSberbasispendekatansaintifikyangmemenuhikriteriavaliddanefektif.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganDickCarey.HasilpengembanganberupaprodukLKSyangmemenuhikriteria5Mdalampengorganisasiantugasnya.PengembanganLKSuntukmateriIPAdikelasVpadatemaSejarahPeradabanIndonesia.PenelitiandilakukandiSDNBunulrejo1MalangdengansubjekpenelitiansiswakelasV.Berdasarkanujiformatifoleh2orangahlimateridiperolehrata-ratapersentasepenilaiansebesar83%.Ujiformatifpada2orangahlimediadiperolehrata-ratapersentasepenilaiansebesar86%.Berdasarkandataahlimateridanahlimediatersebutapabilamengacupadakualifikasipenilaianpengambilankeputusanuntukmerevisiprodukdinilaisangatvalidataudapatdigunakantanparevisi.Ujiformatifpadaahlipengguna(guru)didapatkanpersentasepenilaian74%.Berdasarkandatatersebutapabilamengacupadakualifikasipenilaianpengambilankeputusanuntukmerevisiprodukdinilaicukupvalidataudapatdigunakandenganrevisikecil.Sedangkanperbedaanhasilbelajarpretesdanpostesketikaujicobalapanganmenunjukkanrata-ratahasilbelajarsiswameningkat21%.Jikadilihatdariperolehanskorpostessebanyak93%siswatelahmencapaiKKM.Berdasarkandatahasilbelajartersebutapabilamengacupadakualifikasipenilaianpengambilankeputusanuntukmerevisiprodukdinilaiefektifataudapatdigunakan.LKSyangdikembangkanolehpenelitiberfungsisebagaipenunjangkegiatanpembelajaranpadabukusiswayangberupapetunjuk/pedomanbelajarbagisiswasertapetunjukmelakukanpercobaan.PenelitiselanjutnyadiharapkandapatmengembangkanLKStematiksertaprosesujicobadapatmencakupbeberapasekolah.