Penerapan model pembelajaran kreatif-produktif untuk meningkatkan kemampuan membuat benda konstruksi dari bahan bekas siswa kelas IVC SDN Wringin 01 Bondowoso / Erita Febri Lestari
Main Author: | Lestari, Erita Febri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6145/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLestariEritaFebri.2016.PenerapanModelPembelajaranKreatif-ProduktifuntukMeningkatkanKemampuanMembuatBendaKonstruksidariBahanBekasSiswaKelasIVCSDNWringin01Bondowoso.SkripsiProgramStudiS1-PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumantoM.Pd(II)Dr.SuharjoM.S.M.A.KatakunciModelPembelajaranKreatif-ProduktifBendaKonstruksiSDPembelajaranSBKdikelasIVCSDNWringin01Bondowososelamainihanyadiisikegiatanmenyanyilagu-laguwajibsertakegiatanmenggambar.GurukurangmengembangkankemampuanberkaryasiswadisebabkanminimnyapengetahuandankreatifitasgurukhususnyadalampembelajaranSBK.Untukmengatasimasalahtersebutperludilakukanperbaikandenganmenerapkanmodelpembelajarankreatif-produktif.Tujuanpenelitianiniyaitu(1)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajarankreatif-produktif(2)mendeskripsikanpeningkatanaktivitassiswamembuatbendakonstruksidaribahanbekasdan(3)mendeskripsikanpeningkatankemampuanmembuatbendakonstruksidaribahanbekassetelahditerapkannyamodelpembelajarankreatif-produktifpadasiswakelasIVCSDNWringin01Bondowoso.PenelitianmenggunakanrancanganPTKyangmeliputiempattahapanyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanobservasidokumentasiwawancara.Penelitianinidilakukandalam3siklusdengansubjekpenelitianyaitusiswakelasIVCsebanyak23siswadengan12orangperempuandan11oranglaki-laki.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarankreatif-produktifuntukkeberhasilanpenyusunanRPPsudahmendapatkannilaimaksimalyaitu100%sedangkankeberhasilantindakangurumeningkatdarinilairata-ratasebesar9130%padasiklusImenjadi9565%padasiklusIIdanmeningkatlagimenjadi100%padasiklusIII.Aktivitassiswameningkatdarinilairata-rata6978%meningkatmenjadi7552%padasiklusIIdanpadasiklusIIImeningkatlagimenjadi7826%.Kemampuansiswajugameningkatdari7152%padasiklusImenjadi7773%padasiklusIIdanpadasiklusIIIkemampuansiswameningkatlagimenjadi8060%.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanpenerapanmodelpembelajarankreatif-produktifdapatmeningkatkankemampuanmembuatbendakonstruksidaribahanbekassiswakelasIVCSDNWringin01Bondowoso.Disarankandalammenerapkanmodelinidalampelaksanaanpembelajaransebaiknyamemperhatikanwaktuselamapembelajaranberlangsungdanmelakukanperagaanyangmenarikagardapatmenarikperhatiansiswa.