Pengembangan permainan tradisional "gaprek kempung" sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VII di SMP / Fera Wulandari

Main Author: Wulandari, Fera
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/61323/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulandariFera.2016.PengembanganPermainanTradisionalGaprekKempungsebagaiMediaPembelajaranpadaMataPelajaranIPS-EkonomiKelasVIIdiSMP.Tesis.ProgramStudiS-2PendidikanEkonomiFakultasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.Wahjoedi.M.E.M.Pd(II)Dr.H.SugengHadiUtomo.M.SKataKunciPermainantradisionalGaprekkempungmediapembelajranIPS-EkonomiPenelitianiniberdasarkanfenomenakhususnyabudayatradisionalbelumdimanfaatkangurusecaraoptimalsebagaisumberbelajardalamprosespembelajaran.Berpangkaldarikondisilapanganperluadanyaupayapelestarianeksistensipermainantradisionaldanpengkajianyanglebihmendalamtentangmanfaatyangdapatdiperolehmelaluipermainantradisionalbaiksecarakognitifpsikologismaupunsosial.SalahsatubentukusahayangdapatdilakukanadalahmenciptakansebuahmediapembelajarandengandilakukaninovasigabunganantarapermainantradisionaldanmateriIPSyangnantinyaakanmenghasilkansebuahmediayanglayakdanefektifsebagaimediapembelajaran.Tujuanpenelitianiniadalah1)UntukmenghasilkansebuahprodukmediapembelajaranIPSpermainantradisionalGaprekKempungdenganmemanfaatkansaranayangadadilingkungansekitar2)UntukmengetahuikefektifanpengembanganmediapembelajaranIPSpermainantradisionalGaprekKempunguntukmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranekonomisiswakelasVIISMPN1Tumpang.PenelitianpengembanganmediapembelajaranpermainantradisionalGaprekKempunginimenggunakanmodelpengembanganDBR(DesainBasedResearch)yangterdiridari6langkah.SasaranPenelitianterdiriatassasarankelasujicobadankelaspengembangan.SasaranUjiCobamediayangdikembangkanadalahsiswakelasVII-GSMPN1TumpangsedangkansasaranpengembanganmediaadalahsiswakelasVII-A(kelaseksperimen)dansiswakelasVII-C(kelaskontrol)SMPN1Tumpang.BerdasarkanhasilanalisisujikeefektifanmediapembelajaranpermainantradisionalGaprekKempungdenganmenggunakansoftwareIBMSPSS24denganrumusujit-testnilaithitungyangdidapatkandariposttestkelaskontroldankelaseksperimenSMPN1Tumpangsebesar2763dengannilaittabeladalah2036dengandemikianthitungttabelyangberartipeningkatannilaihasilbelajarIPSekonomikelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontrol.Selanjutnyadidapatkannilaisignifikansisebesar0007