Pengaruh status sosial ekonomi, motivasi berprestasi, dan efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung / Yohan Murdiatmoko
Main Author: | Murdiatmoko, Yohan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61260/ |
Daftar Isi:
- MurdiatmokoYohan.2013.PengaruhLatarBelakangSosialEkonomiMotivasiBerprestasidanEfikasidiriTerhadapHasilBelajarEkonomi.TesisJurusanPendidikanEkonomiProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.WahjoediME(II)Dr.AgungHaryonoS.E.M.PakKataKuncisosialekonomimotivasiberprestasiefikasihasilbelajarekonomiPenelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)statussosialekonomi(2)motivasiberprestasi(3)efikasidiri(4)pengaruhstatussosialekonomimotivasidiridanefikasidiriterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIISSMAIslamSunanGunungJatiPenelitianinidirancangdenganmenggunakanpendekatanexplanatori(explanatoryrecearch)denganpendekatankuantitatifyangmenggunakanteknikanalisisjalur(pathanalysis).Teknikinidipilihuntukmencarihubunganantaravariabeldenganvariabelyanglainyangbersifatsebabakibatdanmemamparkanpengaruhvariabelvariabelyangberkaitan.PenelitianinidilakukanpadasiswakelasXIIISdiSMAIslamSunanGunungJatiDenganSampelsebanyak40orangsiswa.Sampeldipilihdenganmenggunakanteknikpurposivesamplingdenganpendekatanquotasampling.Datadikumpulkandenganisntrumenmelaluiangketuntukvariabelststussosialekonomimotivasiberprestasidanefikasidirisedangkanuntukvariabelhasilbelajardiperolehmelaluidokumentasi.Teknikanalisisyangdigunakanadalah(1)analisisdeskriptifdigunakanuntukmendeskripsikandatatentangbagaimanastatussosialekonomiorangtua(X1)motivasiberprestasisiswa(X2)EfikasidirisiswadanHasilbelajarMatapelajaranEkonomisiswakelasXIIISSMAIslamSunanGunungJati.(2)AlanilisJalur(PathAnalysis)analisisjalurdigunakanuntukmengukurbesarnyakontribusiataupengaruhvariabelbebasterhadapvariabelterikatbaikpengaruhlangsungatautidaklangsungmelaluihubunganvariabelbebaslainnya.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)terdapatpengaruhlangsungstatussosialekonomiterhadaphasilbelajardengannilaikorelasisebesar0971(2)terdapatpengaruhlangsungmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajardengannilaikorelasisebesar0972(3)Terdapatpengaruhlangsungantaraefikasidiriterhadaphasilbelajardengannilaikorelasisebesar0975(4)terdapatpengaruhantarastatussosialekonomidanmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajarmelaluiefikasidiriBerdasarkanhasilpenelitiandikemukakanbeberapasaran(1)Siswadiharapkanyakindanberfikirpositifbahwasemuapelajaranyangdiajarkandisekolahituakanbergunadimasayangakandatang.(2)hendaknyaorangtuamemberikanataumenyediakanfasilitasyangdibutuhkananaknyauntukmeningkatkanprestasibelajarnyahendaknyaorangtuamemperhatikanaktivitasbelajaranaknyadirumahdanmeningkatkanmotivasinyauntukmeningkatkanprestasinya.(3)menyadariakanadanyapengaruhstatussosialekonomimotivasidanefikasidiriterhadapprestasihendaknyasekolahmembuatprogramyangdapatmenjebatanmasalahinigunameningkatkanhasilbelajarsiswa(4)BagiGurumenjaditambahanwawasandalammenyusunstrategimengajarsertamenjadibekalmengadapipermasalahanbelajarsiswadanmampumencarikansolusiyangtepatuntukmengatasinya.