Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pengelolaan keuangan keluarga, dan pembelajaran matakuliah akuntansi terhadap literasi finansial mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ana Muntadhirotul Maghfiroh

Main Author: Maghfiroh, Ana Muntadhirotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/61248/
Daftar Isi:
  • MaghfirohAnaMuntadhirotul.2014.PengaruhStatusSosialEkonomiOrangTuaPengelolaanKeuanganKeluargadanPembelajaranMatakuliahAkuntansiterhadapLiterasiFinansialMahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.TesisProgramStudiPendidikanEkonomiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SriUmiMintartiWS.E.M.P.Ak(II)Dr.SugengHadiUtomoM.Ec.KatakuncistatussosialekonomipengelolaankeuanganpembelajaranakuntansiliterasifinansialDalamrangkamencapaikebebasankeuangansetiaporangperlumemilikipengetahuansikapdanmengimplementasikanpraktikkeuanganpribadiyangsehatdimanakemampuantersebutdikenalsebagailiterasifinansial.Masalahkeuanganbukanhanyafungsidarirendahnyapendapatanakantetapijugaakibatkesalahanpengelolaankeuangan.Disisilainperkembanganteknologiyangsangatpesattelahmenyebabkanakseskesemuajenisprodukkeuangansemakinmeluas.BankmenawarkanprodukyanglebihberagamdenganmemanfaatkanelectronicbasedchannelsmisalnyakartukreditATMinternetbankingdanphonebanking.Dengankondisiperekonomiandemikianperanliterasifinansialmenjadilebihpentingdaripadasebelumnya.Olehkarenaituliterasifinansialtidakhanyapentinguntukkeluargadanpelakubisnisprofesionaltetapijugauntukmahasiswapendidikdanlainnya.Saatinibanyakkonsumenkeuanganadalahdarikalanganmahasiswa.Mahasiswasebagaigenerasimudatidakhanyaakanmenghadapikompleksitasyangsemakinmeningkattetapimerekalebihcenderungharusmenanggungresikokeuangandimasadepanyanglebihdariorangtuamereka.Olehkarenaitupendidikankeuanganperludiberikankepadamahasiswabaikformalmaupuninformal.DiperguruantinggipendidikankeuangansalahsatunyadisampaikanmelaluipembelajaranmatakuliahAkuntansi.Sedangkandilingkungankeluargatingkatliterasifinansialmahasiswaditentukanolehperanorangtuadalammemberikandukunganberupapendidikankeuangandalamkeluarga.Keluargadenganpengelolaankeuanganyangbaikmemungkinkansumberpendapatanbagitumahtanggaindividuanaklebihteratur.Disisilainanak-anakdikondisikanolehposisisubkulturdankelassosialekonomiyangpadagilirannyamempengaruhikognisidanperilakumereka.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhstatussosialekonomiorangtuaterhadapliterasifinansialmahasiswapengaruhpengelolaankeuangankeluargaterhadapliterasifinansialmahasiswapengaruhpembelajaranmatakuliahAkuntansiterhadapliterasifinansialmahasiswadanpengaruhketigavariabelbebastersebutsecarasimultanterhadapliterasifinansialmahasiswa.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdenganpendekatankuantitatifdanjenispenelitiannyaexplanatory.PopulasipenelitianiniadalahmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.DariteknikpurposivesamplingdiperolehsampelpenelitianmahasiswaFEUMangkatan2012sebanyak275mahasiswayangdisebarsecaraproporsionalpadasembilanprogramstudi.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisregresiberganda.Hasilpenelitianmenunjukkan1)adanyapengaruhstatussosialekonomiorangtuaterhadapliterasifinansialmahasiswa2)Adanyapengaruhpengelolaankeuangankeluargaterhadapliterasifinansialmahasiswa3)AdanyapengaruhpembelajaranmatakuliahAkuntansiterhadapliterasifinansialmahasiswa4)statussosialekonomiorangtuapengelolaankeuangankeluargadanpembelajaranmatakuliahAkuntansisecarasimultanberpengaruhterhadapliterasifinansialmahasiswa.Berdasarkantemuanpenelitiandapatdisarankankepadamahasiswaagarmenyadaribahwapendidikankeuanganyangdiperolehdariperkuliahansangatbergunauntukkehidupansehari-harisehinggaperluditingkatkan.Kepadaorangtuadisarankanhendaknyapenelitiandijadikanacuanpentingnyamelaksanakanpengelolaankeuanganyangbaiksehinggaanakmemilikipengetahuankeuangansedinimungkin.SedangkanuntukUniversitasNegeriMalangkhususnyaFakultasEkonomihasilpenelitiandiharapkandapatdijadikanbahanmasukandanpertimbanganuntukmerumuskankurikulumyangtepatdalambidangpendidikankeuangan.Diharapkanpulaadanyapenelitianlebihlanjutmisalnyadenganmenerapkanpenelitianinipadamahasiswajurusanlainsehinggahasilpenelitianbisaberlakulebihgeneraldanpentingnyaliterasifinansialdapatdisadariolehmahasiswapadaumumnya.