Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pengelolaan keuangan keluarga, dan pembelajaran matakuliah akuntansi terhadap literasi finansial mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ana Muntadhirotul Maghfiroh
Main Author: | Maghfiroh, Ana Muntadhirotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61248/ |
Daftar Isi:
- MaghfirohAnaMuntadhirotul.2014.PengaruhStatusSosialEkonomiOrangTuaPengelolaanKeuanganKeluargadanPembelajaranMatakuliahAkuntansiterhadapLiterasiFinansialMahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.TesisProgramStudiPendidikanEkonomiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SriUmiMintartiWS.E.M.P.Ak(II)Dr.SugengHadiUtomoM.Ec.KatakuncistatussosialekonomipengelolaankeuanganpembelajaranakuntansiliterasifinansialDalamrangkamencapaikebebasankeuangansetiaporangperlumemilikipengetahuansikapdanmengimplementasikanpraktikkeuanganpribadiyangsehatdimanakemampuantersebutdikenalsebagailiterasifinansial.Masalahkeuanganbukanhanyafungsidarirendahnyapendapatanakantetapijugaakibatkesalahanpengelolaankeuangan.Disisilainperkembanganteknologiyangsangatpesattelahmenyebabkanakseskesemuajenisprodukkeuangansemakinmeluas.BankmenawarkanprodukyanglebihberagamdenganmemanfaatkanelectronicbasedchannelsmisalnyakartukreditATMinternetbankingdanphonebanking.Dengankondisiperekonomiandemikianperanliterasifinansialmenjadilebihpentingdaripadasebelumnya.Olehkarenaituliterasifinansialtidakhanyapentinguntukkeluargadanpelakubisnisprofesionaltetapijugauntukmahasiswapendidikdanlainnya.Saatinibanyakkonsumenkeuanganadalahdarikalanganmahasiswa.Mahasiswasebagaigenerasimudatidakhanyaakanmenghadapikompleksitasyangsemakinmeningkattetapimerekalebihcenderungharusmenanggungresikokeuangandimasadepanyanglebihdariorangtuamereka.Olehkarenaitupendidikankeuanganperludiberikankepadamahasiswabaikformalmaupuninformal.DiperguruantinggipendidikankeuangansalahsatunyadisampaikanmelaluipembelajaranmatakuliahAkuntansi.Sedangkandilingkungankeluargatingkatliterasifinansialmahasiswaditentukanolehperanorangtuadalammemberikandukunganberupapendidikankeuangandalamkeluarga.Keluargadenganpengelolaankeuanganyangbaikmemungkinkansumberpendapatanbagitumahtanggaindividuanaklebihteratur.Disisilainanak-anakdikondisikanolehposisisubkulturdankelassosialekonomiyangpadagilirannyamempengaruhikognisidanperilakumereka.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhstatussosialekonomiorangtuaterhadapliterasifinansialmahasiswapengaruhpengelolaankeuangankeluargaterhadapliterasifinansialmahasiswapengaruhpembelajaranmatakuliahAkuntansiterhadapliterasifinansialmahasiswadanpengaruhketigavariabelbebastersebutsecarasimultanterhadapliterasifinansialmahasiswa.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdenganpendekatankuantitatifdanjenispenelitiannyaexplanatory.PopulasipenelitianiniadalahmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.DariteknikpurposivesamplingdiperolehsampelpenelitianmahasiswaFEUMangkatan2012sebanyak275mahasiswayangdisebarsecaraproporsionalpadasembilanprogramstudi.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisregresiberganda.Hasilpenelitianmenunjukkan1)adanyapengaruhstatussosialekonomiorangtuaterhadapliterasifinansialmahasiswa2)Adanyapengaruhpengelolaankeuangankeluargaterhadapliterasifinansialmahasiswa3)AdanyapengaruhpembelajaranmatakuliahAkuntansiterhadapliterasifinansialmahasiswa4)statussosialekonomiorangtuapengelolaankeuangankeluargadanpembelajaranmatakuliahAkuntansisecarasimultanberpengaruhterhadapliterasifinansialmahasiswa.Berdasarkantemuanpenelitiandapatdisarankankepadamahasiswaagarmenyadaribahwapendidikankeuanganyangdiperolehdariperkuliahansangatbergunauntukkehidupansehari-harisehinggaperluditingkatkan.Kepadaorangtuadisarankanhendaknyapenelitiandijadikanacuanpentingnyamelaksanakanpengelolaankeuanganyangbaiksehinggaanakmemilikipengetahuankeuangansedinimungkin.SedangkanuntukUniversitasNegeriMalangkhususnyaFakultasEkonomihasilpenelitiandiharapkandapatdijadikanbahanmasukandanpertimbanganuntukmerumuskankurikulumyangtepatdalambidangpendidikankeuangan.Diharapkanpulaadanyapenelitianlebihlanjutmisalnyadenganmenerapkanpenelitianinipadamahasiswajurusanlainsehinggahasilpenelitianbisaberlakulebihgeneraldanpentingnyaliterasifinansialdapatdisadariolehmahasiswapadaumumnya.