Pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga, pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh prestasi belajar (studi pada siswa SMA Negeri kelas XI IPS se Kabupaten Lumajang) / Triwilujeng Ayuningtyas

Main Author: Ayuningtyas, Triwilujeng
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/61236/
Daftar Isi:
  • AyuningtyasTriwilujeng.2014.PengaruhPendidikanEkonomidiKeluargaPembelajaranEkonomidiSekolahTerhadapPerilakuKonsumsiyangDimediasiolehPrestasiBelajar(StudiPadaSiswaSMANegeriKelasXIIPSSeKabupatenLumajang).TesisJurusanPendidikanEkonomiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AgungHaryonoSE.M.P.Ak(II)Prof.Dr.WahjoediMEKatakuncipendidikanekonomidikeluargapembelajaranekonomidisekolahprestasibelajarperilakukonsumsiFenomenayangterjadisaatiniadalaharusglobalisasidanperdaganganbebasbegitucepatmasukkedalammasyarakatterutamadikalanganpelajar.Pengaruhnyaterhadapgenerasimudabegitukuatdalammempengaruhiperilakukonsumsikarenaparagenerasimudatermasuksegmenpasaryangberpotensi.Pendidikanekonomidikeluargamempunyaipengaruhterhadapperilakukonsumsianakkarenasegalakeputusankonsumsibagianakbiasanyadiputuskanolehorangtua.Pembelajaranyangdilakukanguruterhadapsiswadisekolahjugamemilikiperananpentingdalammengajarkanperilakukonsumsidanmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskan(1)pengaruhpendidikanekonomidikeluargaterhadapprestasibelajar(2)pengaruhpembelajaranekonomidisekolahterhadapprestasibelajar(3)pengaruhprestasibelajarterhadapperilakukonsumsi(4)pengaruhpendidikanekonomidikeluargaterhadapperilakukonsumsi(5)pengaruhpembelajaranekonomidisekolahterhadapperilakukonsumsi(6)pendidikanekonomidikeluargamelaluiprestasibelajarmempengaruhiperilakukonsumsi(7)pembelajaranekonomidisekolahmelaluiprestasibelajarmempengaruhiperilakukonsumsi.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpendekatankuantitatifdanjenispenelitiannyaexplanatory.Populasidalampenelitianini312siswadansampelnyasebanyak175siswa.Penelitianinimenggunakananalisisjalur(pathanalysis)untukmelihatpengaruhlangsungmaupuntidaklangsungpendidikanekonomidikeluargapembelajaranekonomidisekolahterhadapperilakukonsumsimelaluiprestasibelajar.Hasilpenelitianmenyimpulkan(1)pendidikanekonomidikeluargatidakmemilikipengaruhterhadapprestasibelajar(2)pembelajaranekonomidisekolahmemilikipengaruhterhadapprestasibelajar(3)prestasibelajartidakmemilikipengaruhterhadapperilakukonsumsi(4)pendidikanekonomidikeluargamemilikipengaruhterhadapperilakukonsumsi(5)pembelajaranekonomidisekolahmemilikipengaruhterhadapperilakukonsumsi(6)pendidikanekonomidikeluargatidakberpengaruhsecaralangsungterhadapperilakukonsumsimelaluiprestasibelajar(7)pembelajaranekonomidisekolahtidakberpengaruhsecaralangsungterhadapperilakukonsumsimelaluiprestasibelajar.Berdasarkanhasilpenelitianbeberapasarannyayaitu(1)Pendidikanekonomidikeluargaseharusnyalebihditingkatkanlagidandijadikanacuanbagiorangtuadalammelaksanakanpendidikanekonomidikeluargakarenadapatmempengaruhiperilakukonsumsidanprestasibelajarbagianaknya(2)Hasilpenelitianinidiharapkandapatdijadikanbahanmasukandanpertimbanganbagipenelitilainuntukmelakukanpenelitianyangberkaitandenganmasalah-masalahperilakukonsumsipadasubyekpenelitianyangberbedadanmengembangkanvariabel-variabelbaruyangbelumdikaji(3)Hasilpenelitiandapatdijadikanbahanmasukandanpertimbanganuntukmengembangkandanmerancangmodel-modelsertastrategidalampembelajaranekonomiyangkreatifdaninovatifyangutamanyaberkaitandenganmasalahpenanamanperilakukonsumsi.