Pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga, pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh prestasi belajar (studi pada siswa SMA Negeri kelas XI IPS se Kabupaten Lumajang) / Triwilujeng Ayuningtyas
Main Author: | Ayuningtyas, Triwilujeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61236/ |
Daftar Isi:
- AyuningtyasTriwilujeng.2014.PengaruhPendidikanEkonomidiKeluargaPembelajaranEkonomidiSekolahTerhadapPerilakuKonsumsiyangDimediasiolehPrestasiBelajar(StudiPadaSiswaSMANegeriKelasXIIPSSeKabupatenLumajang).TesisJurusanPendidikanEkonomiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AgungHaryonoSE.M.P.Ak(II)Prof.Dr.WahjoediMEKatakuncipendidikanekonomidikeluargapembelajaranekonomidisekolahprestasibelajarperilakukonsumsiFenomenayangterjadisaatiniadalaharusglobalisasidanperdaganganbebasbegitucepatmasukkedalammasyarakatterutamadikalanganpelajar.Pengaruhnyaterhadapgenerasimudabegitukuatdalammempengaruhiperilakukonsumsikarenaparagenerasimudatermasuksegmenpasaryangberpotensi.Pendidikanekonomidikeluargamempunyaipengaruhterhadapperilakukonsumsianakkarenasegalakeputusankonsumsibagianakbiasanyadiputuskanolehorangtua.Pembelajaranyangdilakukanguruterhadapsiswadisekolahjugamemilikiperananpentingdalammengajarkanperilakukonsumsidanmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskan(1)pengaruhpendidikanekonomidikeluargaterhadapprestasibelajar(2)pengaruhpembelajaranekonomidisekolahterhadapprestasibelajar(3)pengaruhprestasibelajarterhadapperilakukonsumsi(4)pengaruhpendidikanekonomidikeluargaterhadapperilakukonsumsi(5)pengaruhpembelajaranekonomidisekolahterhadapperilakukonsumsi(6)pendidikanekonomidikeluargamelaluiprestasibelajarmempengaruhiperilakukonsumsi(7)pembelajaranekonomidisekolahmelaluiprestasibelajarmempengaruhiperilakukonsumsi.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpendekatankuantitatifdanjenispenelitiannyaexplanatory.Populasidalampenelitianini312siswadansampelnyasebanyak175siswa.Penelitianinimenggunakananalisisjalur(pathanalysis)untukmelihatpengaruhlangsungmaupuntidaklangsungpendidikanekonomidikeluargapembelajaranekonomidisekolahterhadapperilakukonsumsimelaluiprestasibelajar.Hasilpenelitianmenyimpulkan(1)pendidikanekonomidikeluargatidakmemilikipengaruhterhadapprestasibelajar(2)pembelajaranekonomidisekolahmemilikipengaruhterhadapprestasibelajar(3)prestasibelajartidakmemilikipengaruhterhadapperilakukonsumsi(4)pendidikanekonomidikeluargamemilikipengaruhterhadapperilakukonsumsi(5)pembelajaranekonomidisekolahmemilikipengaruhterhadapperilakukonsumsi(6)pendidikanekonomidikeluargatidakberpengaruhsecaralangsungterhadapperilakukonsumsimelaluiprestasibelajar(7)pembelajaranekonomidisekolahtidakberpengaruhsecaralangsungterhadapperilakukonsumsimelaluiprestasibelajar.Berdasarkanhasilpenelitianbeberapasarannyayaitu(1)Pendidikanekonomidikeluargaseharusnyalebihditingkatkanlagidandijadikanacuanbagiorangtuadalammelaksanakanpendidikanekonomidikeluargakarenadapatmempengaruhiperilakukonsumsidanprestasibelajarbagianaknya(2)Hasilpenelitianinidiharapkandapatdijadikanbahanmasukandanpertimbanganbagipenelitilainuntukmelakukanpenelitianyangberkaitandenganmasalah-masalahperilakukonsumsipadasubyekpenelitianyangberbedadanmengembangkanvariabel-variabelbaruyangbelumdikaji(3)Hasilpenelitiandapatdijadikanbahanmasukandanpertimbanganuntukmengembangkandanmerancangmodel-modelsertastrategidalampembelajaranekonomiyangkreatifdaninovatifyangutamanyaberkaitandenganmasalahpenanamanperilakukonsumsi.