Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan zona Alfa terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat kejuruan akuntansi / Nismawati
Main Author: | Nismawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61217/ |
Daftar Isi:
- Nismawati2014.PengaruhPembelajaranBerbasisProyekdenganPendekatanZonaAlfaTerhadapHasilBelajarSiswapadaMataDiklatkejuruanAkuntasi.Tesis.ProgramStudiPendidikanEkonomiProgramPascasarjanaUnivesitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SunaryantoM.Ed.(II)Prof.Dr.BambangSugeng.KataKunciPembelajaranBerbasisProyekZonaAlfaHasilBelajarPembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanzonaalfamerupakanpembelajarandalambentukproyek-proyekbelajarsiswayangdiberikanstimulusmelaluiicebreakingfunstorymusicdanbraingym.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektifitaspembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanzonaalfaterhadaphasilbelajarsiswapadamatadiklatkejuruanakuntansi.RancanganpenelitianinimenggunakanNonrandomizedControlGroupPretest-PosttestDesignkelasekperimenmenggunakanpembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanzonaalfadankelaskontrolmenggunakanpembelajaranberbasisproyektanpazonaalfa.PopulasisasarandalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMKJurusanakuntansiyangmenerimamaterihargapokokpesananPopulasisubyekyangdapatdicapaiadalahsiswaSMKJurusanakuntansiSeKabupatenBuolyangberjumlah103siswa.PengambilansampelmenggunakanteknikConvinienceSamplingataumenentukankelaseksperimendankelaskontrol.TeknikanalisisdatamenggunakanTTest.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarantarasiswapadakelaseksperimendankelaskontroldengantarafsignifikan0000005dankisaranperbedaanantara6402sampai17127.Perbedaanhasilbelajartersebutmenunjukkanbahwapembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanzonaalfalebihefektifdaripadapembelajaranberbasisproyektanpazonaalfa.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapengaktifangelombangalfapadasaatpembelajaranyangdistimulusdenganFunStoryIceBreakingMusicdanBrainGymmemilikipengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarsiswasehinggasetiappengajarperluuntukmelakukanstimulusgelombangotakzonaalfaataumenyamakanfrekwensigelombangotakalfaagardapatmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkandanrilekspadasaatpembelajaran.