Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan zona Alfa terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat kejuruan akuntansi / Nismawati

Main Author: Nismawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/61217/
Daftar Isi:
  • Nismawati2014.PengaruhPembelajaranBerbasisProyekdenganPendekatanZonaAlfaTerhadapHasilBelajarSiswapadaMataDiklatkejuruanAkuntasi.Tesis.ProgramStudiPendidikanEkonomiProgramPascasarjanaUnivesitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SunaryantoM.Ed.(II)Prof.Dr.BambangSugeng.KataKunciPembelajaranBerbasisProyekZonaAlfaHasilBelajarPembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanzonaalfamerupakanpembelajarandalambentukproyek-proyekbelajarsiswayangdiberikanstimulusmelaluiicebreakingfunstorymusicdanbraingym.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektifitaspembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanzonaalfaterhadaphasilbelajarsiswapadamatadiklatkejuruanakuntansi.RancanganpenelitianinimenggunakanNonrandomizedControlGroupPretest-PosttestDesignkelasekperimenmenggunakanpembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanzonaalfadankelaskontrolmenggunakanpembelajaranberbasisproyektanpazonaalfa.PopulasisasarandalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMKJurusanakuntansiyangmenerimamaterihargapokokpesananPopulasisubyekyangdapatdicapaiadalahsiswaSMKJurusanakuntansiSeKabupatenBuolyangberjumlah103siswa.PengambilansampelmenggunakanteknikConvinienceSamplingataumenentukankelaseksperimendankelaskontrol.TeknikanalisisdatamenggunakanTTest.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarantarasiswapadakelaseksperimendankelaskontroldengantarafsignifikan0000005dankisaranperbedaanantara6402sampai17127.Perbedaanhasilbelajartersebutmenunjukkanbahwapembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanzonaalfalebihefektifdaripadapembelajaranberbasisproyektanpazonaalfa.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapengaktifangelombangalfapadasaatpembelajaranyangdistimulusdenganFunStoryIceBreakingMusicdanBrainGymmemilikipengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarsiswasehinggasetiappengajarperluuntukmelakukanstimulusgelombangotakzonaalfaataumenyamakanfrekwensigelombangotakalfaagardapatmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkandanrilekspadasaatpembelajaran.