Keefektifan penerapan metode simulasi dalam pembelajaran ekonomi (eksperimen pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2012-2013) / Ni'matul Istiqomah

Main Author: Istiqomah, Ni'matul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/61200/
Daftar Isi:
  • KataKuncisimulasimindmappinginquiryeconomicliteracygayabelajarhasilbelajar.Hasilbelajarsiswadapatditingkatkanmelaluimetodepembelajaranyangsesuaidengankarakteristikmateridanbagaimanakecenderungangayabelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanmetodepembelajaransimulasimindmappingdaninquirydenganmengujiefektivitasdarimetodepembelajaransimulasi.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)yangbertujuanuntukmengujiefektivitasdarimetodepembelajaransimulasiterhadaphasilbelajarpadasiswayangmemilikitingkateconomicliteracytinggisedangrendahsertagayabelajarsiswayakniconcretesequentialabstractsequentialconcreterandomdanabstractrandom.Penelitianinimenggunakanrancangandesainfactorial3x3.Ujihipotesismenggunakanujibedarata-ratadanANOVA3jalurpadatarafsignifikansi005%.Sebelumdilakukanujivariandilakukanujiprasaratanalisisyaituujinormalitasdanujihomogenitas.Dalampenelitianeksperimensemumenggunakansampelnonacakkarenapenelitimenggunakankelompok-kelompokyangsudahterbentuksecaraalami(sepertikelasatauorganisasi).Padapenelitianiniterpilih3(tiga)kelasdari6(enam)kelasXdiSMALaboratoriumUMpadatahunpelajaran2012-2013.KelasX.6merupakankelaseksperimen(simulasi)kelasX.2danX.3merupakankelaskontrol(mindmappingdaninquiry).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)Adaperbedaanhasilbelajarsiswayangbelajarmenggunakanmetodesimulasi.Halinidiketahuidariperolehanrata-ratapretestdanposttestmeningkatdengangainscoresebesar-25.5812)Adaperbedaanhasilbelajarsiswayangbelajarmenggunakanmetodemindmapping.Penghitunganstatistikmenunjukkanbahwarata-ratanilaioretesdanposttestsiswasebesar57.27dan75.68dengangainscoresebesar-18.4093)Adaperbedaanhasilbelajarsiswayangbelajarmenggunakaninquirydenganrata-ratapretestsebesar60.47danrata-rataposttestsebesar76.634)AdaperbedaanhasilbelajarsiswayangbelajarmenggunakanmetodesimulasimindmappingdaninquirymelaluitingkateconomicliteracytinggisedangrendahdangayabelajarsiswaconcretesequentialabstractsequentialconcreterandomabstractrandomyangditunjukkanolehtabelTestsofBetween-SubjectsEffectsdengantingkatsignifikansi0033005danterdapatinteraksiantarapenggunaanmetodepembelajarantingkateconomicliteracysiswadangayabelajaruntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Penerapanpembelajaransimulasimeningkatkanhasilbelajarsiswadalampembelajaranekonomi.Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwasiswadengantingkateconomicliteracytinggimencapaihasilbelajartinggi.Halinidikarenakansiswadenganmempunyaikemampuandasarekonomitelahmemilikidasaruntukmemahamimateri-materiekonomi.Siswadengangayabelajarabstractrandommencapaihasilbelajarlebihtinggidibandingkansiswadengangayabelajarlainpadapembelajaransimulasi.Saranyangdiberikankepadaguruyaitugurudiharapkanmenggunakanpembelajaransimulasipadapembelajaranekonomi.Penerapanpembelajaransimulasiinidiberikanpadakelasdengankecenderungangayabelajarabstractrandomuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Saranuntukpenelitianlebihlanjutyaituagardikajivariabel-variabellainyangdapatmempengaruhihasilbelajarsiswa.Selainitupenelitiselanjutnyajugadisarankanuntukmengukurhasilbelajarsiswadarisegiafektifdanpsikomotorik.