Pengaruh motivasi karir mengajar, career selg efficacy dan status sosial ekonomi yang dimediasi minat menjadi guru terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang / Khasan Setiaji

Main Author: Setiaji, Khasan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/61178/
Daftar Isi:
  • Katakuncimotivasikarirmengajarcareerself-efficacystatussosialekonomiminatmenjadigurudanprestasiakademik.Penelitianinibertujuanuntukmengujipengaruhmotivasikarirmengajarcareerself-efficacydanstatussosialekonomiterhadapprestasiakademikmelaluiminatmenjadiguru.Modelmediasiyangdigunakanberpijakpadaargumenteorikajianempirisdanpenelitianterdahulu.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif.PopulasidalampenelitianadalahseluruhmahasiswaProdiPendidikanEkonomidanKoperasisemesterITahunAkademik2012/2013yangbarumengalamiprosesaktivitaspilihankarir(careerchoiceprosessandcontent).Penarikansampelmenggunakanteknikproportionalrandomsampling.Prosespengumpulandatamenggunakanangketdandokumentasisedangkananalisisdatadigunakananalisisjalur.Temuanpenelitianmenunjukanbahwa(1)motivasikarirmengajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasiakademikmahasiswaProdiPendidikanEkonomiFEUNNES(2)careerself-efficacyberpengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasiakademikmahasiswaProdiPendidikanEkonomiFEUNNES(3)statussosialekonomiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasiakademikmahasiswaProdiPendidikanEkonomiFEUNNES(4)minatmenjadiguruberpengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasiakademikmahasiswaProdiPendidikanEkonomiFEUNNES(5)motivasikarirmengajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasiakademikmahasiswaProdiPendidikanEkonomiFEUNNESmelaluiminatmenjadiguru(6)careerself-efficacyberpengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasiakademikmahasiswaProdiPendidikanEkonomiFEUNNESmelaluiminatmenjadigurudan(7)statussosialekonomiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasiakademikmahasiswaProdiPendidikanEkonomiFEUNNESmelaluiminatmenjadiguru.Bertitiktolakdaritemuaninidapatdisarankanbahwa(1)upayauntukmenumbuhkanminatmenjadigurudanprestasiakademikdapatdilakukandenganmeningkatkanmotivasikarircareerself-efficacydandukunganorangtua(2)prosespenerimaanataupenyiapantenagaguruperlumemperhatikanaspekpsikologissepertibakatminatmotivasidancareerself-efficacyuntukmendapatinputyangberkualitas(3)menyediakanfasilitasbelajarbagimahasiswadarikeluargamiskinyangmenghadapikesulitandalamstudidiperguruantinggi.